Sabtu, 11 Jul 2020 07:35 WIB

Rutin Olahraga Sudah Pasti Bebas Diabetes? Belum Tentu, Ini Kata Dokter

Elsa Himawan - detikHealth
Lets take a picture for social network! Close up portrait of beautiful sportive cute gentle tender mother and daughter wearing sporty clothes making video call via internet connection Berolahraga saja tak bisa cegah diabetes. (Foto: Istock)
Jakarta -

Rutin berolahraga adalah salah satu cara yang umum dilakukan untuk menjaga kesehatan. Dengan berolahraga, sistem imun seseorang akan meningkat sehingga tubuh menjadi lebih bugar, dan kadar gula lebih terkontrol.

Praktisi kesehatan dr Rudy Kurniawan, SpPD mengatakan, olahraga memang cara yang baik untuk mencegah berbagai penyakit termasuk diabetes. Akan tetapi, tanpa didukung pola hidup yang sehat maka tidak ada jaminan untuk sepenuhnya terbebas dari diabetes.

"Sulit memberikan jaminan bahwa seseorang tidak akan terkena diabetes. Misalnya, diabetes tipe satu terjadi karena genetik, sehingga sulit dihindari," ujar dr Rudy dalam diskusi via Zoom, Jumat (10/07/2020).

Tentunya, olahraga tetap baik untuk dilakukan. Hanya saja, manfaatnya akan lebih optimal kalau didukung juga dengan gaya hidup sehat lainnya seperti pola makan yang seimbang. Salah satunya mengurangi konsumsi kadar gula.

"Harus diseimbangkan dengan menjaga pola makan, seperti makan-makanan bernutrisi, serta mengurangi kadar gula dan lemak," ujar dr Rudy.



Simak Video "Awas! Diabetes Mengintai Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)