Jumat, 10 Jul 2020 22:47 WIB

Impotensi Gara-gara Diabetes, Apakah Bisa Pulih Lagi?

Ayunda Septiani - detikHealth
Diet, fitness and health concept presented by yellow banana wrapped in measure tape isolated on yellow paper background Impotensi gara-gara diabetes, bisakah pulih lagi? (Foto: iStock)
Jakarta -

Salah satu komplikasi diabetes yang ditakuti kaum pria adalah impotensi, alias susah ereksi. Ini terjadi ketika kadar gula darah yang tinggi merusak sistem saraf dan pembuluh darah di sekitar organ reproduksi.

Pakar diabetes dr Rudy Kurniawan, SpPD mengatakan, diabetes yang tidak disertai komplikasi memang tidak memberikan dampak pada kehidupan seks. Namun jika sudah merusak sistem saraf dan pembuluh darah, maka sensitivitas saraf bakal terganggu.

"Komplikasi pada diabetes akan menimbulkan impotensi dan saraf orang tersebut menjadi tidak sensitif, juga pembuluh darah kecil jadi terganggu," jelasnya dalam diskusi via Zoom, Jumat (10/7/2020).

Solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengontrol gula darah, baik dengan diet maupun obat-obatan. Gula darah yang terkontrol menurutnya bisa meminimalkan tingkat risiko pada gangguan saraf dan pembuluh darah sehingga fungsi seksual tidak memburuk.

"Kalau gula darahnya terkontrol, mungkin komplikasinya tidak bisa kembali. Akan tetapi setidaknya, gangguan atau risiko terkait gangguan pembuluh darah, saraf, dan tingkat kehidupan seksual jauh lebih terkontrol," tegasnya.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)