Sabtu, 11 Jul 2020 13:00 WIB

Idap Penyakit Langka, Gadis Ini Mengeluarkan Air Mata Darah

Defara Milleniar - detikHealth
ilustrasi mata Ilustrasi mata. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Dokter mata dari All India Institute of Medical Sciences di New Delhi beberapa waktu lalu menangani keluhan seorang ibu yang ingin anaknya diperiksa karena telah mengeluarkan darah di matanya selama satu minggu.

"Darah yang keluar dari matanya mengerikan. Saya harap tidak akan terjadi hal serupa pada waktu yang akan datang," ucap ibu tersebut dikutip dari NewsWeek.

Pasien yang merupakan seorang gadis berusia 11 tahun ini kemudian dirawat dan diawasi selama dua hari untuk mengetahui apa penyebabnya. Selama menjalani perawatan, pasien terus mengeluarkan darah di matanya hingga tiga kali per hari.

Dokter spesialis mata sudah menjalankan serangkaian tes dan hasil darahnya jelas, kelenjar air mata tampak utuh, dan tes fungsi hati dan ginjalnya sangat baik.

Sebelumnya, pada 10 tahun yang lalu, kasus yang serupa pernah terjadi di India. Gadis berusia 14 tahun yang bernama Twinkle Dwive mengeluarkan darah di beberapa bagian seperti mata, garis rambut, telapak tangan dan telapak kakinya tanpa adanya luka ataupun goresan.

Kondisi ini sangat jarang dan secara medis dikenal sebagai Haemolacria. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam StatPearls Publishing mengatakan Haemolacria menyebabkan seseorang menghasilkan air mata darah dan umumnya dikaitkan dengan tumor, trauma, infeksi, atau infeksi umum seperti konjungtivitis.

Dikutip dari Healthline, Haemolacria bisa disebabkan adanya perubahan hormon, menstruasi, tumor, tekanan darah tinggi, dan kelainan darah.

Tetapi dalam kasus ini dokter belum memastikan penyebabnya karena hasil pemeriksaan gadis berusia 11 tahun baik-baik saja sehingga sampai saat ini belum ada kejelasan yang tepat. Oleh karena itu, diagnosis Haemolacria tetap 'idiopatik' (tidak diketahui penyebabnya).



Simak Video "PMI Solo Siapkan Terapi Plasma Konvalesen bagi Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)