Kamis, 16 Jul 2020 06:30 WIB

Ukuran Lingkar Pinggang Lebih dari 4 Jengkal? Waspadai Diabetes

Elsa Himawan - detikHealth
Woman in Active Wear With Squeezed Measuring Tape on a Gray BackgroundWoman in Active Wear With Squeezed Measuring Tape on a Gray Background Ukuran Lingkar Pinggang Lebih dari 4 Jengkal? Waspadai Diabetes (foto: iStock)
Jakarta -

Bicara soal diabetes memang tidak ada habisnya. Begitu juga dengan pernyataan dari berbagai pihak yang meyakini bahwa penyakit ini dapat dideteksi tanpa harus melakukan cek gula.

Hal ini disampaikan oleh dr Rudy Kurniawan, Sp.PD, spesialis penyakit dalam dan founder dari komunitas Sobat Diabet. Ia meyakini bahwa dengan mengukur pinggang, seseorang bisa mengetahui potensi diabetes.

"Kita harus curiga dengan lingkar perut dan pinggang yang membesar. Mulai curiga dengan diabetes jika lingkar pinggangmu selebar 80 cm (untuk perempuan) dan 90 cm (untuk laki-laki).", ujar dr Rudy dalam diskusi via Facebook Live, Kamis (15/07/2020).

"Namun, kalau dalam hitungan kasar sih, kira-kira empat jengkal," tambah dr Rudy.

Meskipun demikian, dr Rudy mensosialisasikan untuk tetap melakukan cek darah. Hal ini dikarenakan upaya cek darah akan jauh lebih valid ketimbang mengukur lingkar pinggang saja.

Diabetes merupakan penyakit yang membuat tubuh tidak mampu mengatur gula darah. Dampaknya jika tidak tertangani bisa memicu berbagai komplikasi, mulai dari penyakit jantung yang mematikan, kebutaan hingga disfungsi ereksi.



Simak Video "Penyandang Diabetes Tetap Aman Pergi ke RS saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)