Kamis, 16 Jul 2020 09:39 WIB

Lagi Musim Pelakor! Hati-hati, Ini Ciri Psikologis Pasangan Selingkuh

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ilustrasi selingkuh Ilustrasi perselingkuhan. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Di media sosial viral seorang istri membeberkan bukti pasangannya direbut oleh 'pelakor'. Istilah pelakor atau perebut laki orang kerap disematkan pada mereka yang menjalin hubungan dengan suami atau kekasih orang lain.

Tapi bagaimana sih cara untuk mengetahui pasanganmu berselingkuh?

Ada beberapa ciri-ciri psikologis hubunganmu tengah dilanda kehadiran orang ketiga. Berikut di antaranya dikutip detikcom dari berbagai sumber.

1. Tiba-tiba jadi sibuk

Ketika pasanganmu lebih sibuk dan tiba-tiba jadi banyak agenda tanpa penjelasan yang masuk akal, atau jadwal kencanmu dengannya batal, bisa jadi tanda dia sedang berselingkuh. Terlebih jika hal ini terjadi padahal pasanganmu tidak memiliki kerjaan baru, promosi, atau proyek yang mereka kerjakan.

"Seseorang yang harus 'bekerja lembur' secara tiba-tiba di waktu yang tidak masuk akal bisa jadi berselingkuh," sebut psikolog pernikahan Paul Coleman, PsyD, dikutip dari Prevention.

Selingkuh diselubungi dengan kerahasiaan dan orang yang melakukannya akan akan berbuat apapun agar tidak menimbulkan kecurigaan. Mereka akan membuat semuanya tampak normal karena tak ingin berurusan dengan konsekuensinya.

2. Tak bisa lepas dari ponsel

Pasangan yang berselingkuh cenderung menggunakan ponsel lebih sering dan seolah-olah hidupnya bergantung pada ponsel yang ia gunakan. Jika pasanganmu tak pernah memasang sandi kemudian sekarang mereka menggunakannya, ini bukan pertanda baik.

Tanda lain, pasanganmu tak pernah lepas dari ponsel meski berada dalam kamar mandi dan selalu menghapus riwayat percakapan atau pesan teks. Memangnya siapa yang dia hubungi?

3. Manipulatif dan hobi menyalahkan

Saat seseorang berlaku tidak jujur, mereka cenderung mencari-cari kesalahan dan pembenaran atas perilakunya. Tak jarang pasangan yang berselingkuh malah akan menuduhmu yang tidak-tidak.

"Ini adalah kebiasaan aneh tapi umum pada mereka yang berselingkuh. Mereka akan menuduh pasangannya yang melakukannya," tutur Coleman.

4. Susah dihubungi

Saat pasangan bersama dengan pelakor, mereka akan sulit dihubungi. Kamu mungkin akan mendengar alasan yang sah seolah-olah dia sedang rapat, mengemudi, atau sinyal jelek sehingga tidak tahu kamu menghubunginya.

Percaya intuisimu. Sebuah studi 2014 dari Brigham Young University menunjukkan bahwa intuisi adalah hal yang tidak bisa dianggap sepele. Kalau kamu melihat beberapa ciri di atas pada pasanganmu, tak ada salahnya untuk membicarakannya.



Simak Video "Dear Ortu, Begini Cara Beri Dukungan Psikologis pada Anak Usia Dini"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)