Kamis, 16 Jul 2020 17:00 WIB

Viral Drama Listy Chan-Ericko Lim, Ini Cara Move On Setelah Diselingkuhi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
selingkuh, perslingkuhan, binor, pelakor Ini cara move on seteah diselingkuhi. (Foto: ilustrasi selingkuh (Andhika-detik))
Jakarta -

Pemain Esport Mobile Legend Listy Chan disebut-sebut selingkuh dengan Youtuber Ericko Lim. Hal ini diungkapkan oleh mantan pacar Ericko, Jessica Jane. Buntut panjang dari kasus ini membuat Listy didepak dari EVOS Sport.

Move on atau memulihkan diri setelah pasangan kedapatan selingkuh seperti hal yang sangat sulit dilakukan, terjika malebih ntan pasangan memutuskan lebih memilih orang lain. Kesedihan, kebingungan, marah, akan dirasakan saat pasangan mengkhianati kepercayaan yang diberikan.

Psikolog klinis dari Personal Growth, Veronica Adesla, mengatakan trust issue atau masalah kepercayaan bisa timbul setelah dikhianati pasangan. Perasaan curiga dan tidak percaya ini bisa saja akan mengakibatkan masalah baru ketika memutuskan menjalin hubungan lain.

Tapi bukan berarti tidak ada cara yang bisa dilakukan agar tak terus menerus memikirkan kejadian pahit itu. Evaluasi hubungan menjadi penting untuk lebih memahami dan menjadi lebih mengerti agar di kemudian hari masalah yang sama tidak terulang.

"Nah setelah paham, itu akan mencegah kita terjebak dalam hubungan yang tidak sehat. Ada yang bisa improve dari diri kita, selain itu kita juga jadi bisa menilai karakter orang lain sehingga bisa jaga jarak," tutur Vero saat berbincang dengan detikcom, Kamis (16/7/2020).

Selain itu, Caroline Madden, psikolog pernikahan dan penulis buku 'Fool Me Once: Should I Take Back My Cheating Husband?' mengatakan bahwa agar lebih bisa cepat move on dari pasangan yang berselingkuh, stop menyalahkan dirimu atas kejadian yang telah terjadi. Juga, berhenti menghabiskan energi untuk membenci pasangan dan selingkuhannya karena hanya akan membuang waktu.

"Ketika kamu membuang energi untuk memikirkan perselingkuhan itu, kamu akan terjebak membandingkan diri sendiri dengannya dan akhirnya kamu akan membenci dirimu sendiri," kata Madden dikutip dari Huff Post.

Ingatkan dirimu bahwa kamu pantas dicintai. Lakukan hal-hal positif yang bisa membangkitkan semangat dirimu, seperti memasak, mengikuti kelas dansa, atau sekadar bercengkrama dengan teman lama.



Simak Video "Pesan Psikolog Anak untuk Orang Tua di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)