Jumat, 17 Jul 2020 16:46 WIB

Catherine Wilson Terjerat Narkoba, Seperti Apa Sih Ciri-ciri Pemakai Sabu?

Ayunda Septiani - detikHealth
Catherine Wilson Catherine Wilson terseret kasus narkoba. (Foto: Palevi/detikHOT)
Jakarta -

Catherine Wilson menambah daftar artis yang terseret narkoba. Polisi menemukan barang bukti dua paket sabu di rumahnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menjabarkan Catherine Wilson ditangkap hari ini, Jumat (17/7/2020) di rumahnya di jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan.

"Dari pengakuannya, dia sudah mengakui dua paket itu miliknya," kata Yusri Yunus.

Sabu merupakan golongan obat yang digunakan untuk membangkitkan stamina dan mood. Efek jangka pendek yang dirasa antara lain memicu euforia dan rasa percaya diri, sedangkan efek jangka panjangnya bisa merusak sistem saraf pusat di otak.

Apa sih ciri-ciri pemakai sabu yang bisa dikenali?

"Kalau ditanya bagaimana mengenalinya? Nggak bisa kita," ujar praktisi kesehatan jiwa dari Universitas Krida Wacana, dr Andri, SpKJ, FACLP beberapa waktu lalu.

"Biasa-biasa saja. Kalau ketemu kita juga biasa-biasa saja, kita nggak tahu ketemu pas lagi kena pengaruh atau tidak itu nggak ketahuan, nggak bisa membedakan," tambahnya.

Pemakai sabu yang tidak menunjukkan gejala sering disebut High-Functioning Addict. Meski tidak ada ciri-ciri yang bisa dikenali, efek jangka panjang yang ditimbulkan tidak bisa diremehkan. Kecanduan sabu bisa merusak sistem saraf pusat, yang bisa memicu jangguan kejiwaan bahkan bisa berujung pada kematian.

Sementara itu, untuk pemakai sabu yang tidak bergejala, sebagian pemakai sabu ada juga yang mengalami perubahan perilaku seperti berikut seperti dikutip dari Web MD.

- Tidak peduli dengan penampilan pribadi

- Kehilangan nafsu makan

- Penurunan berat badan

- Pola tidur yang aneh

- Tersentak-sentak dan gerakan tak menentu

- Sering meminjam uang



Simak Video "Peneliti Kemenkes Ungkap Risiko Bila Ganja Tetap Dijadikan Obat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)