Sabtu, 18 Jul 2020 09:19 WIB

Catherine Wilson Positif Pakai Narkoba Sabu, Ini Bahayanya Bagi Tubuh

Firdaus Anwar - detikHealth
Catherine Wilson Ditangkap Saat Sendirian di Rumahnya, Ini Penampakannya Foto: Catherine Wilson saat ditangkap polisi (dok.istimewa)
Jakarta -

Artis Catherine Wilson ditangkap polisi karena dugaan penyalahgunaan narkoba pada Jumat (18/7/2020). Hasil tes urine menunjukkan wanita berusia 39 tahun tersebut positif menggunakan narkoba jenis metamfetamin atau biasa disebut sabu.

Polisi juga menemukan barang bukti dua paket sabu yang diakui milik Catherine Wilson.

"Belum ada (soal alasan memakai), ini masih kita proses periksa, besok baru kita sampaikan alasannya memakai, yang jelas hasil tes urine dia ini positif sabu atau metamfetamin," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, saat dihubungi, Jumat (17/7/2020) malam.

Sabu adalah narkoba bersifat stimulan yang bekerja di sistem saraf pusat. Dikutip dari Medical News Today, penggunaan sabu dapat memberikan efek pelepasan dopamin yang memicu rasa senang dan euforia.

Dalam jangka pendek sabu akan membuat denyut jantung dan tekanan darah meningkat. Nafsu makan juga dilaporkan akan berkurang.

Hanya saja dalam jangka panjang ada risiko untuk terjadinya stroke, serangan jantung, gangguan fungsi otak, hingga kematian.

Sabu merupakan salah satu zat yang dinilai sangat adiktif atau mudah membuat kecanduan. Bila seseorang sudah memiliki ketergantungan dengan sabu, berhenti memakainya dapat menimbulkan gejala sakau (withdrawal symptom).



Simak Video "Peneliti Kemenkes Ungkap Risiko Bila Ganja Tetap Dijadikan Obat"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)