Sabtu, 18 Jul 2020 17:00 WIB

Viral Pernikahan Guru dan Murid, Kenapa Wanita Tertarik Pria Lebih Tua?

Elsa Himawan - detikHealth
Groom wears the ring on the finger of the bride Viral pernikahan guru dan mudri, kenapa wanita tertarik pria lebih tua? (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Sebuah akun tiktok milik Ayu (23) yang bernama @besseayuwk mengunggah video mengenai hubungan percintaannya hingga menikah dengan seorang guru idaman di masa SMA. Ayu mengaku bahwa paras gurunya yang tampan bak artis idola membuat rasa suka timbul di dalam hatinya.

Ayu mencoba chat Jammal via Facebook dan tak disangka bahwa Jammal membalasnya. Akhirnya, pada 6 Juli 2018 mereka memutuskan untuk menikah di kediaman Ayu di Wajo, Sulawesi Selatan.

Mengapa ada wanita yang cenderung menyukai pria lebih tua darinya? Tiga hal ini bisa jadi alasannya:

1. Banyak pengalaman

Menurut ahli komunikasi interpersonal Ariel Obadyah, MIKom, dari Universitas Multimedia Nusantara, perempuan biasanya mengagumi pria yang lebih tua karena dianggap sudah memiliki banyak pengalaman hidup.

"Hubungan sebaya membuat perempuan merasa apa yang laki-laki ketahui, dia juga tahu. Berbeda dengan hubungan beda umur, di mana akan ada kekaguman perempuan karena kepandaian lelaki dari berbagai pengalaman yang dimiliki." ujar Ariel Obadyah pada detikcom, Sabtu (18/09/2020).

2. Adanya rasa aman

Ariel Obadyah menjelaskan bahwa lelaki yang memiliki usia lebih tua dari pasangannya akan lebih tenang dan sabar ketika menghadapi situasi masalah. Hal ini dikarenakan berbagai pengalaman yang sudah ia lewati, sehingga ketika si perempuan tengah merasakan hal yang sama, lelaki tersebut bisa menguatkan dan memberi arahan.

Begitu juga dengan rasa emosi dan kesabaran yang cenderung stabil, sehingga dapat memberi rasa aman bagi perempuan.

3. Sudah mapan

Hubungan dengan rentang usia membuat wanita merasa aman karena pasangannya dianggap sudah mapan, baik mapan secara pekerjaan, ekonomi, dan spiritualitas.

"Dia (laki-laki yang usianya lebih tua) lebih mengerti apa yang harus dilakukan dan tidak mencoba-coba hal yang baru lagi karena sudah berpengalaman. Juga adanya kestabilan dari karier dan lainnya yang menimbulkan rasa aman bagi si wanita." ucap Ariel

Akan tetapi hal tersebut hanyalah sebuah pertimbangan bukan keharusan bagi seorang wanita untuk mendapatkan pria yang terpaut lebih jauh usianya. Masih banyak hal juga yang bisa jadi pertimbangan.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)