Senin, 20 Jul 2020 13:37 WIB

Ibu di Tasik Hamil 1 Jam Langsung Melahirkan, Tak Pernah Pakai Test Pack?

Elsa Himawan - detikHealth
Silhouette of pregnant woman Test pack juga bisa memberikan hasil false negative (Foto: iStock)
Topik Hangat Hamil Dadakan
Jakarta -

Sebuah berita menggemparkan datang dari Tasikmalaya. Seorang ibu mendadak melahirkan bayi laki-laki, hanya berselang satu jam sejak ia menyadari dirinya hamil.

Dalam dunia medis, kehamilan yang tidak disadari seperti ini disebut sebagai cryptic pregnancy. Namun yang bikin orang penasaran adalah, jika memang aktif secara seksual apakah tidak melakukan cek kehamilan dengan test pack?

Dokter kandungan dari RS Brawijaya, dr Dinda Derdameisya, SpOG mengatakan test pack juga bisa memberikan hasil 'false negative'. Artinya, hasil yang keluar adalah negatif meski sebenarnya sang ibu hamil.

"Tes kehamilan dengan mendeteksi hormon Hcg itu puncaknya berada di 11 minggu. Setelah itu fungsinya digantikan dengan ari-ari atau plasenta. Jadi kalau baru melakukan tes kehamilan pada 20 minggu, pasti hasilnya negatif karena Hormon Hcg-nya sudah turun," ujar dr Dinda.

Soal cryptic pregnancy, dr Dinda mengungkap salah satu kemungkinan pada kehamilan yang tidak disadari seperti ini adalah kehamilan yang tidak diinginkan atau inwanted pregnancy. Besar kemungkinan, sang ibu tidak memperhitungkan siklus menstruasi dan tidak menyadari kapan terakhir kali datang bulan.

"Ibu tersebut artinya tidak sadar, siklus haidnya kapan terakhir terjadi. Kalaupun dia mengatakan tetap keluar darah setiap bulannya, artinya ia juga tidak menghitung seberapa panjang siklusnya," ujar dr Dinda.



Simak Video "Ahli Jelaskan Soal Viral 'Wanita Berenang Bersama Pria Bisa Hamil'"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Hamil Dadakan