Selasa, 21 Jul 2020 14:30 WIB

Apa Itu Kehamilan Cryptic, Hamil dalam Satu Jam Lalu Melahirkan?

Tim detikhealth - detikHealth
Seorang ibu di Tasikmalaya melahirkan anak setelah hamil satu jam Foto: Deden Rahadian/Apa Itu Kehamilan Cryptic, Hamil dalam Satu Jam Lalu Melahirkan?
Topik Hangat Hamil Dadakan
Jakarta -

Seorang ibu di Tasikmalaya, Jawa Barat mengaku hamil dan kemudian melahirkan satu jam kemudian. Kisah perempuan bernama Heni Nuraeni itu lantas jadi viral. Namun mungkinkah kehamilan hanya berlangsung dalam hitungan jam? Dalam ilmu medis, keadaan ibu itu disebut hamil cryptic.

Kehamilan cryptic atau kehamilan tersembunyi seperti yang dikutip dari Healthline merupakan kehamilan yang gagal dideteksi oleh metode pengujian medis konvensional. Kehamilan jenis ini terbilang sangat jarang terjadi.

Untuk memahami bagaimana kehamilan cryptic bisa tidak terdeteksi, ada baiknya memahami seperti apa kehamilan normal di tahap awal. Di Amerika Serikat, kebanyakan orang mengetahui bahwa mereka hamil dalam 5 hingga 12 minggu setelah dibuahi.

Tes kehamilan di rumah umumnya akan menunjukkan hasil positif setelah tidak mengalami menstruasi. Kemudian lebih lanjut untuk dilakukan tes urine, tes darah, dan USG di dokter kandungan yang akan mengonfirmasi kehamilan Anda.

Dalam proses kehamilan yang normal, ibu akan mengalami sejumlah gejala seperti payudara yang membesar, perubahan suasana hati, kelelahan, dan mual sejak dini selama trimester pertama.

Namun ketika mengalami kehamilan cryptic, tanda-tanda kehamilan biasanya tak dirasakan. Tes kehamilan dapat kembali negatif bahkan setelah Anda tidak mengalami menstruasi. Anda juga tidak mengalami mual pada masa-masa awal kehamilan karena flu perut atau gangguan pencernaan.

Jika Anda tidak menyadari sedang hamil dan tidak mengenali gejala kehamilan, maka hal itu dapat menambah kebingungan. Apalagi jika belum pernah hamil sebelumnya, Anda tidak akan mengetahui gejala kehamilan seperti gerakan janin, sedikit kenaikan berat badan, dan kelelahan akibat pilihan makanan atau gaya hidup.


Apa yang menyebabkan kehamilan cryptic?

Kondisi yang terkait dengan kehamilan samar termasuk:

1. Sindrom ovarium polikistik (PCOS). Kondisi ini dapat membatasi kesuburan Anda, membuat ketidakseimbangan hormon, dan menyebabkan menstruasi tidak ada atau tidak teratur.
2. Perimenopause adalah waktu antara ketika menstruasi Anda mulai tumbuh kurang konsisten dan ketika berhenti sepenuhnya, yang ditandai dengan menopause. Gejala kehamilan seperti kenaikan berat badan dan fluktuasi hormon dapat meniru gejala perimenopause.

3. Pil KB dan alat kontrasepsi (IUD) dapat membuat Anda merasa yakin bahwa kehamilan tidak mungkin terjadi. Walaupun metode pencegahan kehamilan ini sangat efektif, ada beberapa kasus ketika Anda bisa hamil bahkan dengan KB.

4. Menyusui dan faktor hormonal dapat menyebabkan tubuh Anda menunda ovulasi dan menstruasi selama beberapa bulan setelah kelahiran. Jadi Anda menganggap tidak mungkin hamil saat menyusui.

5. Rendah lemak tubuh dan aktivitas atletik dapat menyebabkan menstruasi Anda tidak ada selama berbulan-bulan. Orang yang berolahraga tingkat tinggi mungkin juga memiliki kadar hormon tertentu yang rendah, sehingga lebih sulit untuk mendeteksi kehamilan.

Berapa lama kehamilan cryptic berlangsung?

Disebutkan, sulit untuk mengumpulkan data tentang berapa lama kehamilan cryptic berlangsung karena orang-orang yang tidak mengetahui kehamilan mereka. Kita hanya dapat memberi tahu Anda kapan kehamilan mereka berakhir, bukan berapa lama waktu itu dimulai.

Lalu bagaimana tes kehamilan dapat negatif?

Tes kehamilan dan bahkan USG dapat negatif jika Anda mengalami kehamilan cryptic. USG dapat gagal menemukan janin yang sedang tumbuh jika tidak melihat di tempat yang tepat. Jika pengujian sebelumnya menunjukkan bahwa Anda tidak hamil, mungkin juga teknisi ultrasonografi tidak akan menghabiskan banyak waktu mencari janin yang sedang tumbuh.

Seperti apa persalinan setelah kehamilan cryptic?

Persalinan cryptic akan secara fisik mirip dengan kehamilan lainnya. Anda biasanya mengalami kontraksi yang terasa seperti kram parah sementara leher rahim meregang untuk bisa melahirkan bayi. Setelah serviks Anda membesar, tubuh Anda harus mendorong bayi keluar dari jalan lahir.

Anda mungkin tidak memiliki dokter atau bidan yang dapat dipanggil. Jika Anda mengalami kram hebat yang terasa seperti kontraksi dan tidak tahu harus berbuat apa, segera pergi ke unit gawat darurat.



Simak Video "Lihat Kunci Sukses Swiss Jadi Negara Teraman COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)
Topik Hangat Hamil Dadakan