Rabu, 22 Jul 2020 08:33 WIB

Wajib Tahu, 6 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Closeup image of woman holding a glass of cold water to drink 6 manfaat minum air hangat di pagi hari. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Kebiasaan minum air hangat di pagi hari ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Selain berfungsi mengembalikan cairan tubuh, minum air hangat juga dapat melancarkan pencernaan dan menimbulkan perasaan rileks.

Air hangat sebaiknya diminum dalam suhu antara 49-60 derajat celcius. Sebab, jika terlalu panas bisa mengakibatkan luka pada mulut.

"Dokter merekomendasikan untuk minum air hangat di pagi hari, biasanya, dengan perasan lemon yang kaya polifenol, atau dengan teh yang terbukti mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh," kata ahli gizi klinis Stella Metsovas, dikutip dari Medical Daily.

Dikutip dari Healthline, berikut manfaat meminum air hangat di pagi hari.

Baca juga: 5 Fakta Ereksi di Pagi Hari, Penyebab dan Manfaatnya

Meredakan hidung tersumbat

Air hangat menghasilkan uap. Menghirup uap dari segelas air hangat dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat.

Karena itu, minum air hangat bisa menjadi pilihan yang baik bagi kamu yang sedang flu atau pilek.

Melancarkan pencernaan

Minum air hangat dapat menenangkan dan melancarkan saluran pencernaan. Air yang diminum bisa berfungsi sebagai pelumas yang membuat proses pencernaan menjadi lancar.

Saat air mengalir melewati perut dan usus, organ pencernaan akan terhidrasi dengan baik. Air hangat juga dapat membantu melarutkan makanan yang sulit dicerna oleh tubuh.

Menenangkan sistem saraf pusat

Minum air hangat dapat menenangkan sistem saraf pusat. Sehingga, kamu akan merasa lebih rileks dan terhindar dari rasa stres.

Baca juga:

Membantu mengatasi sembelit

Minum air hangat dapat membantu usus berkontraksi. Sehingga, berbagai macam sisa-sisa pencernaan yang terperangkap di dalam usus dapat keluar dengan lancar.

Karena itu, sangat disarankan untuk minum air hangat agar kamu terhindar dari risiko sembelit.

Melancarkan peredaran darah

Rutin minum air hangat dapat melancarkan peredaran darah. Jika aliran darah lancar, kesehatan kamu akan jadi lebih terjamin.

Beberapa manfaat kesehatan dari aliran darah yang lancar, di antaranya tekanan darah jadi lebih terkontrol dan terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular.

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Saat minum air hangat, tubuh akan mengaktifkan sistem endokrin dan membuatmu jadi berkeringat. Racun akan keluar dari tubuh lewat keringat tersebut.



Simak Video "Kenali Arti Warna-warni Buah dan Sayur"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)
dMentor
×
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses Selengkapnya