Rabu, 22 Jul 2020 00:30 WIB

5 Fakta Ereksi di Pagi Hari, Penyebab dan Manfaatnya

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Diet, fitness and health concept presented by yellow banana wrapped in measure tape isolated on yellow paper background Ereksi pagi hari adalah hal yang normal (Foto: iStock)
Jakarta -

Ereksi tidak hanya terjadi ketika seorang pria mengalami rangsang seksual. Ada kondisi yang disebut ereksi spontan, yakni ketika Mr P tiba-tiba berdiri tanpa ada stimulasi sensual.

Salah satu kondisi yang dikategorikan ereksi spontan adalah ereksi di pagi hari. Dengan atau tanpa rangsangan, Mr P umumnya mengeras pada pagi hari.

Berikut ini beberapa fakta seputar hal itu yang menarik untuk diketahui.

1. Normalkah ereksi di pagi hari?

Ereksi di pagi hari merupakan hal yang normal. Pria remaja cenderung lebih sering mengalami ereksi saat bangun tidur di pagi hari. Bahkan bayi juga dapat mengalami ereksi di waktu-waktu tertentu.

2. Apa penyebabnya?

Menurut Ryan Berglund, MD, ahli urologi, dikutip dari Clevelandclinic, adanya sistem saraf parasimpatis bertanggung jawab atas berbagai fungsi tubuh saat beristirahat. Saat Anda tidur sistem saraf parasimpatis lebih aktif sehingga terjadi ereksi.

Saraf parasimpatis memicu jaringan Mr P untuk menjadi besar akibat adanya aliran darah yang membuat Mr P mengeras.

3. Mimpi basah memicu ereksi?

Ya, dan masih berhubungan dengan adanya sistem saraf parasimparis yang akif pada saat tidur. Sistem ini memungkinkan untuk mimpi basah dan tentunya dapat menyebabkan ereksi sekaligus terjadinya ejakulasi.

4. Manfaat ereksi di pagi hari

Tidak ada manfaat khusus sebenarnya. Tetapi ereksi di pagi hari bisa menjadi indikasi bahwa sistem peredaran darah di area intim berjalan dengan baik.

5. Kapan perlu waspada?

Kondisi yang harus menjadi perhatian adalah di saat ereksi berlangsung lebih dari empat jam. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan disfungsi permananen atau menjadi pertanda penyakit pada Mr P.

Pada umumnya, ereksi di pagi hari akan hilang setelah Anda bangun beberapa menit kemudian.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)