Jumat, 24 Jul 2020 00:20 WIB

Sering Terbangun Tengah Malam karena Haus? Cek 8 Kemungkinan Penyebabnya

Elsa Himawan - detikHealth
insomnia Terbangun tengah malam dan selalu kehausan? Kenali penyebabnya (Foto: iStock)
Jakarta -

Sesekali merasa haus di tengah malam adalah hal lazim yang dialami oleh setiap orang. Akan tetapi jika itu sering terjadi, kamu harus curiga mengenai apa yang salah dari tubuhmu?

Ketika kamu sering terbangun karena merasa kehausan, penyebabnya bisa bervariasi dari hal ringan sampai yang beresiko. Bahkan, gangguan kesehatan bisa menjadi alasan kamu terus-terusan merasa haus di tengah malam.

Dikutip dari Heathline, berikut penyebab keseringan haus di tengah malam:

1. Ruangan kamar yang kurang nyaman

Jika kamu ingin tidur nyenyak, lebih disarankan berada di kamar yang bersuhu dingin ketimbang hangat. Suhu kamar yang baik untuk tidur adalah 16 sampai 21 derajat Celcius. Jika kamu sering merasa haus, bisa jadi dikarenakan udara di dalam kamar mu terlalu panas.

2. Kamu mengalami dehidrasi

Berapa banyak air yang dibutuhkan orang setiap harinya, dapat bervariasi tergantung aktivitas mereka masing-masing. Memperhatikan asupan air sangatlah penting bagi setiap orang dan rasa haus tidak bisa menjadi tolak ukur tingkat hidrasi mu. Biasanya, minum delapan gelas dalam sehari adalah anjuran yang baik.

3. Kandungan obat yang kamu minum

Biasanya obat berjenis; Inhibitor SGLT2, antipsikotik, antidepresan, antikonvulsan, dan antikolinergik dapat memberikan efek haus.

Konsultasikan dengan dokter, jika kamu mengkonsumsi salah satu obat tersebut. Tanyakan alternatif apa yang bisa dilakukan, agar kamu tidak terus-terusan merasa haus setiap tengah malam.

4. Mengidap Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang terhenti sementara secara berulang. Oleh sebab itu, penderita sleep apnea biasanya bernapas melalui mulut. Hal ini bisa menyebabkan mulut menjadi kering, sehingga sedikit air liur yang dikeluarkan. Dengan demikian, pengidap sleep apnea akan lebih mudah mengalami kehausan di tengah malam.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]