Senin, 13 Jul 2020 06:00 WIB

Mendadak Sakit Kepala Saat Olahraga? Ini 4 Tips Menghadapinya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Beautiful Woman Athlete Runs on a Treadmill with Electrodes Attached to Her Body, while Two Scientists Supervise Watching EKG Data Showing on Laboratory Monitors. Mendadak sakit kepala saat olahraga (Foto: iStock)
Jakarta -

Sakit kepala bisa muncul tiba-tiba saat sedang berolahraga. Jika bukan karena ada masalah lain dengan kesehatan, bisa jadi itu adalah exertion headache yang memang dipicu oleh olahraga.

Dikutip dari Health.com, exertion headache bisa berlangsung 5 menit hingga 48 jam. Biasanya muncul saat berolahraga dengan intensitas tinggi sehingga tekanan darah mengalami peningkatan di sekitar otak.

Jika tidak biasanya hal itu terjadi, maka sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Beberapa tips menghadapi sakit kepala mendadak saat olahraga terangkum sebagai berikut.

1. Berhenti dan lakukan pendinginan

Sakit kepala yang menyerang saat berolahraga bisa juga berarti pertanda bahwa tubuh terlalu dipaksa. Jika sudah demikian, istirahat adalah pilihan paling bijak. Lakukan pendinginan untuk mengakhiri sesi olahraga.

Jika sakit kepala langsung reda dan masih ingin melanjutkan olahraga, maka lakukan kembali secara bertahap mulai dengan pemanasan.

2. Temukan penyebab

Ada berbagai pemicu sakit kepala saat olahraga. Dehidrasi, kurang tidur, dan bahkan gangguan pada tekanan darah, termasuk di antaranya. Kenali apa saja yang paling mungkin menjadi pemicunya, lalu hindari.

3. Perbaiki postur

Gerakan atau form saat berolahraga bisa saja memicu sakit kepala ketika dilakukan dengan tidak tepat. Memperbaiki postur dan gerakan saat berolahraga akan membuat aliran darah lebih lancara sehingga tidak mudah terserang sakit kepala.

4. Periksakan segera

Apapun yang terkait dengan sakit kepala bisa jadi sangat serius karena sangat dekati kaitannya dengan sistem saraf pusat. Sesegera mungkin, periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab yang sesungguhnya, terutama jika sering muncul dan berlarut-larut.



Simak Video "Mujarab! Ramuan Rempah Ini Bisa Atasi Migrain"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)