Minggu, 12 Jul 2020 07:00 WIB

Wahai Kaum Rebahan, Catat Ini Jika Tak Ingin Gula Darahmu Melonjak

Elsa Himawan - detikHealth
ilustrasi tidur Hari minggu paling enak memang rebahan (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Malas gerak (mager) lalu rebahan membuat seseorang jadi tidak bugar. Akibatnya, tubuh mudah terjangkit infeksi apapun termasuk virus Corona COVID-19.

Menurut praktisi kesehatan dr Rudy Kurniawan, SpPD, diperkirakan satu dari lima orang di bawah usia 40 tahun terkena diabetes. Penyebabnya adalah berkurangnya aktivitas fisik pada masa pandemi yang dapat memicu kenaikan kadar gula.

"Untuk anak muda yang suka rebahan pun, tingkat metabolismenya menjadi menurun, sehingga bisa menyebabkan diabetes karena penyakit ini tidak memandang usia. Siapapun bisa terkena diabetes," ujar dr Rudy dalam diskusi via Zoom, Jumat (10/07/2020).

dr Rudy pun mencontohkan beberapa gejala diabetes yang dapat dikenali, seperti cepat haus, mudah merasa lapar, dan mudah terkena infeksi pada luka. Akan tetapi, melakukan medical check up adalah cara terbaik untuk mengetahui resiko diabetes di dalam tubuh seseorang.

"Bahkan, seringkali diabetes muncul tanpa gejala. Makanya, harus lebih dicermati lagi dengan melakukan medical check up. Kurangi rebahan dengan olahraga selama lima kali dalam seminggu. Kurangi juga konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula," tukas dr Rudy.



Simak Video "Penyandang Diabetes Tetap Aman Pergi ke RS saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)