Sabtu, 11 Jul 2020 06:30 WIB

5 Protokol Ngegym di Era New Normal, Pakai Masker dan Bawa Handuk Sendiri

Elsa Himawan - detikHealth
Sejumlah tempat gym atau pusat kebugaran di Kota Bekasi telah beroperasi di masa new normal ini. Begini potretnya. New normal di pusat kebugaran (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Pandemi virus Corona COVID-19 masih membayangi, namun sejumlah gym atau pusat kebugaran mulai bersiap memulai lagi aktivitasnya. Ada beberapa protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

Penggunaan masker salah satunya, bakal jadi kewajiban bagi pengunjung pusat kebugaran. Kelengkapan ini wajib dipakai saat berada di tempat-tempat yang memungkinkan interaksi dengan sesama pengunjung lainnya.

Selain itu, jangan kaget jika pengelola mengharuskan pengunjung bawa handuk sendiri. Bukan pelit, ini dilakukan untuk menghindari risiko penularan virus Corona.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa protokol yang harus dipatuhi saat ngegym di era new normal.

1. Bawa handuk dan matras sendiri

Handuk dan matras yang biasanya merupakan fasilitas dari pusat kebugaran, kini tidak lagi disediakan. Handuk dan matras yang digunakan secara bersama akan berpeluang menularkan virus, termasuk virus Corona COVID-19.

2. Menjaga jarak sejauh 2 meter

Setiap peserta olahraga, diwajibkan untuk menjaga jarak sejauh dua meter dari peserta lain. Oleh karena itu, pemilik pusat kebugaran pun harus membatasi jumlah tamu yang datang untuk berolahraga. Beberapa pusat kebugaran menerapkan reservasi bagi yang akan mengikuti kelas tertentu.

3. Mandi sebelum dan sesudah latihan

Selain menjaga kebersihan, mandi sebelum dan sesudah olahraga sangat diwajibkan saat era pandemi ini. Hal ini diupayakan untuk menghilangkan virus yang menempel pada tubuh, sehingga dapat meminimalisir terpapar virus Corona.

4. Tidak boleh ngegym saat sakit

Sangat tidak dianjurkan untuk memaksakan diri pergi berolahraga apabila merasa kurang sehat. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi penularan virus terhadap orang di sekitarnya.

5. Kapan boleh lepas masker?

Masker wajib digunakan pada area pusat kebugaran dan mengganti masker yang dipakai dari luar pusat kebugaran. Masker tetap digunakan saat melakukan latihan intensitas kecil. Hanya saja, boleh dilepas saat melakukan latihan intensitas berat tetapi tetap memperhatikan aturan jaga jarak.

Selain itu, kamu juga perlu mencuci tangan baik sebelum, maupun sesudah melakukan olahraga. Harus patuh, nggak boleh bandel ya!



Simak Video "Bersepeda Wajib Gunakan Masker tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)