Jumat, 24 Jul 2020 05:30 WIB

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Berubah Sejak Pandemi Corona

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
WUHAN, CHINA - JANUARY 31:  (CHINA OUT) A man wears a protective mask as he ride a bicycle across the Yangtze River Bridge on January 31, 2020 in Wuhan, China.  World Health Organization (WHO) Director-General Tedros Adhanom Ghebreyesus said on January 30 that the novel coronavirus outbreak has become a Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).  (Photo by Stringer/Getty Images) Virus Corona COVID-19 (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Sejak virus Corona COVID-19 mewabah di seluruh dunia, begitu banyak hal yang berubah dalam kehidupan sehari-hari.

Sesuatu hal yang umum dilakukan pada enam bulan lalu, seperti berjabat tangan, berbagi minuman dengan teman, dan pergi tanpa menggunakan masker adalah hal yang normal. Namun, kini semua itu perlu dipikir ulang kembali.

Dikutip dari Insider, berikut 5 kebiasaan sehari-hari yang berubah sejak pandemi Corona berlangsung.

1. Berjabat tangan

Dulu berjabat tangan adalah hal yang umum dilakukan ketika bertemu dengan seseorang. Tetapi, saat ini mungkin banyak orang lebih memilih untuk tidak melakukan hal itu.

Pakar imunologi dari Amerika Serikat (AS), Dr Anthony Fauci mengatakan bahwa kebiasaan berjabat tangan bisa meningkatkan risiko penularan virus Corona.

"Kita tidak perlu berjabat tangan. Kita harus menghentikan kebiasaan itu," ucapnya.

2. Mencuci tangan

Sebelum pandemi Corona, rutin mencuci tangan setiap kali beraktivitas bukanlah kebiasaan yang umum kita lakukan. Namun, kini mencuci tangan adalah hal yang wajib dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona.

"Rutinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik," imbau Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC).

3. Bertransaksi pakai uang tunai

Sejak diduga virus Corona bisa menular lewat uang tunai, mungkin setiap kali sehabis memegang uang rasanya ingin cepat-cepat mencuci tangan. Padahal, dahulu mungkin ini bukanlah sesuatu yang mengkhawatirkan.

"Jika pekerjaanmu mengharuskan memegang uang (atau permukaan lain yang berpotensi terkontaminasi), maka penting untuk rutin mencuci tangan dan tidak menyentuh wajah," jelas Asisten Profesor di George Washington School of Medicine and Health Sciences, Dr Michael Knight.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "WHO Sebut Pandemi Corona Tahun Kedua Lebih Buruk"
[Gambas:Video 20detik]