Jumat, 24 Jul 2020 10:13 WIB

Intip Tips Melakukan Power Nap di Tempat Kerja agar Lebih Produktif

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikHealth
tidur siang Foto: shutterstock
Jakarta -

Rutinitas pekerjaan membuat banyak orang lupa akan kesehatan. Gaya hidup yang kurang baik seperti tidur larut malam, membuat konsentrasi menurun saat bekerja pada keesokan harinya.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada aktivitas yang bernama Power Nap. Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur menjelaskan power nap adalah istilah tidur siang untuk meningkatkan produktivitas.

"Memang banyak laporan dan pengalaman orang yang bisa power nap maka merasa lebih segar dan dicharge sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, kreativitas dan tingkat energi," ujar dr Muliaman kepada detikHealth baru-baru ini.

Perbedaan antara power nap dan tidur siang yang utama adalah soal waktu. Aktivitas power nap biasanya menutup mata dan tertidur selama 20-30 menit, sedangkan tidur siang paling tidak dilakukan selama 1 jam.

"Pada power nap tidak melewati 5 fase tidur seperti tidur pada umumnya terutama fase rapid eye movement (REM) dan tidur dalam," ujar dr Muliaman.

Saat bekerja biasanya para karywan bisa menggunakan waktu istirahat antara jam 12 hingga 1 siang untuk melakukan power nap ini. dr Muliaman menyebutkan berdasarkan penelitian juga sudah terbukti bahwa power nap bisa membantu meningkatkan produktivitas.

"Penelitian dari NASA (Badan Antariksa Amerika) memperlihatkan pilot yang melakukan power nap 26 menit di kokpit ternyata 54% lebih waspada dan 34% meningkatkan performa kerjanya. Penelitian ini harusnya bisa menjadi input buat perusahaan untuk menyiapkan sarana power nap buat karyawan sehingga dapat meningkatkan produktivitas karyawannya," ungkap dr Muliaman.

Untuk bisa melakukan aktivitas juga cukup mudah. Beberapa tips yang dapat dilakukan oleh karyawan ketika ingin melakukan power nap dilansir dari laman sleep adalah sebagai berikut.

  • Cobalah cari tempat yang tidak mudah diganggu seperti ruang khusus. Kebanyakan perusahaan besar saat ini, telah menyediakan tempat untuk karyawannya melakukan power napping.
  • Gunakan barang atau alat yang dapat membantu tidur dengan cepat, seperti bantal kecil, masker mata, dan barang lainnya.
  • Atur alarm untuk melakukan power napping selama 20 menit hingga 30 menit. Jangan sampai terlewat jam kerjanya!
  • Usahakan untuk melakukan power nap di awal jam istirahat agar tidak terburu-buru.

Selain melakukan power nap, Anda juga harus memastikan nutrisi harian terpenuhi agar produktivitas pekerjaan bisa terjaga sepanjang hari. Bagi Anda yang sibuk dengan aktivitas kerja, Anda bisa mencoba meminum susu Slim & Fit. Slim & Fit memberikan nutrisi lengkap dengan formulasi khusus SlimExpert yang kaya akan protein, serat, kalsium, 12 vitamin, dan mineral. Susu ini dapat diminum dua kali sehari sebagai pengganti makan pagi dan makan malam.



Simak Video "Biar Nggak Tegang, Petugas Damkar Swab Test Diiringi Musik Dangdut"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)