Jumat, 24 Jul 2020 10:35 WIB

Sempat Kritis Akibat Corona, Pria Ini Sembuh Berkat Transplantasi Paru

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi pasien di rumah sakit Ilustrasi pasien Corona di RS. (Foto: iStock)
Jakarta -

Berita baik datang dari pasien COVID-19 yang berusia 65 tahun. Pria yang bernama Cui Zhiqiang menjalani operasi transplantasi paru-paru di Rumah Sakit Renmin China di Universitas Wuhan sebagai upaya untuk menyembuhkannya dari Corona.

Ia diperbolehkan pulang dari rumah sakit dan menjadi pasien pertama yang sembuh setelah menjalani operasi transplantasi paru-paru. Dia juga pasien Corona terakhir yang dirawat di Rumah Sakit Renmin Universitas Wuhan.

"Aku meninggalkan rumah sakit, terima kasih banyak!" tulis Cui kepada tim medis dikutip dari CGTN.

Ketika wabah Corona menyebar ke seluruh dunia, China adalah negara pertama yang melakukan operasi transplantasi paru pada pasien COVID-19, menargetkan disfungsi paru yang tidak dapat dipulihkan akibat Corona. Italia, Korea Selatan, AS, dan Austria juga telah melakukan operasi yang sama di negara mereka.

Proses pemulihan Cui berlangsung selama 166 hari, sejak dia didiagnosis pada 23 Januari. Awalnya, Cui mengalami suhu badan yang sangat tinggi pada 23 Januari, tepat saat Kota Wuhan, Provinsi Hubei, mulai ditutup total.

Dia dipasangkan ECMO (extracorporeal membrane oxygenation) atau alat bantu napas sebulan setelah dirawat di rumah sakit, ketika dia mulai kehilangan napas dan menunjukkan gejala disfungsi paru yang tidak dapat diperbaiki.

Cui mendapat donor paru-paru dari seorang pasien yang meninggal karena henti otak. Operasi transplantasi paru Cui berlangsung selama 8 jam.

"Lebih dari 20 staf medis berpartisipasi dalam operasi ini dengan mengenakan APD lengkap. Kami tidak berbicara satu sama lain, itu adalah operasi yang dilakukan dalam diam," kata Profesor Lin Huiqing, seorang anggota tim bedah.

China News Service mencatat enam pasien telah menjalani transplantasi paru-paru di China sebagai pilihan terakhir untuk menyelamatkan nyawa mereka yang saat ini dalam kondisi kritis akibat infeksi COVID-19.



Simak Video "Pasien Terinfeksi Virus Corona di Vietnam Sembuh 100 Persen!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)