Minggu, 26 Jul 2020 13:06 WIB

Tanpa Obat! Ini Cara Alami Turunkan Kolesterol Jahat

Faidah Umu Safuroh - detikHealth
Acticor Foto: shutterstock
Jakarta -

Kolesterol merupakan zat yang penting bagi metabolisme tubuh. Namun kadar kolesterol yang terlalu tinggi kerap menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI), gaya hidup tidak sehat merupakan penyebab utama kolesterol tinggi. Meskipun ada juga faktor-faktor lain seperti genetika hingga kondisi medis tertentu yang bisa menyebabkan kolesterol tak terkendali.

Memiliki kadar kolesterol tinggi tak bisa diremehkan sebab efek kolesterol tinggi bagi tubuh sangat berbahaya yakni bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Meskipun saat ini sudah banyak obat penurun kolesterol, tapi sebenarnya kamu bisa menurunkan kolesterol jahat tanpa obat farmasi. Melansir Medical News Today, berikut cara menurunkan natural kadar kolesterol jahat.

Hindari Lemak Trans

Menurut American Heart Association (AHA), mengonsumsi lemak trans dapat berdampak negatif terhadap kesehatan seseorang yakni bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Beberapa sumber lemak trans antara lain, margarin, minyak sayur terhidrogenasi, gorengan, isi perut sapi, domba dan kambing.

Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh

Lemak jenuh juga bisa meningkatkan kadar LDL dalam tubuh. Makanan yang mengandung lemak jenuh di antaranya, daging merah, babi, kulit ayam, mentega, keju, dan minyak goreng.

Konsumsi Serat

Serat tak hanya baik untuk pencernaan tapi juga efektif untuk menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Makanan yang tinggi serat antara lain sayuran, buah-buahan, biji-bijian seperti gandum dan beras merah, serta polong-polongan.

Rutin Olahraga

Berolahraga secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Beberapa studi menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Untuk mulai berolahraga, kamu bisa lakukan dengan olahraga yang ringan seperti jogging dan bersepeda.

Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi penting untuk dilakukan. Sebab, LDL yang tinggi bisa menyebabkan timbunan lemak menumpuk di dinding arteri. Jika timbunan itu menumpuk dan menyumbat aliran darah maka bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, serangan jantung dan stroke.

Cara lain untuk menurunkan kolesterol secara alami selain makan lebih banyak serat dan berolahraga secara teratur yaitu dibantu dengan minum Nestlé ACTICOR setiap hari. Nestlé ACTICOR merupakan minuman mengandung susu yang secara alami dapat bantu turunkan kolesterol, karena mengandung serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)