Senin, 27 Jul 2020 09:00 WIB

5 Cara Tepat Pakai Face Shield Agar Tak Terkontaminasi Virus

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Berbagai cara dilakukan warga agar tidak tertular virus Corona saat beraktivitas di luar atau area publik. Seperti yang dilakukan sejumlah penumpang kereta ini. Orang yang gunakan face shield dan masker untuk cegah penularan virus Corona.(Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Face shield atau pelindung wajah juga kini banyak dipakai oleh masyarakat sebagai cara untuk mencegah virus Corona. Face shield juga dianggap sebagai perlindungan tambahan bagi pemakainya agar tidak terpapar droplet dalam jarak dekat.

Namun penggunaan face shield juga harus tepat agar tidak menimbulkan kontaminasi virus atau sampai menjadi sarang bakteri dan kuman.

Berikut beberapa cara memakai face shield yang benar dikutip dari CNN.

1. Harus pakai masker

Hingga saat ini masker tetap jadi pencegahan virus Corona yang utama. Penggunaan face shield hanya sebagai pelengkap masker, bukan untuk menggantikan, karena face shield tidak benar-benar menutup hidung dan mulut.

Dalam sebuah penelitian penggunaan masker dinilai sangat efektif untuk menekan penularan virus Corona. Menggunakan masker dan face shield tentu akan semakin meningkatkan efektivitas pencegahan COVID-19.

2. Tidak asal meletakkan face shield

Usahakan untuk tidak meletakkan face shield di sembarang tempat usai digunakan. Simpan dengan baik dan pastikan tempat penyimpanannya pun bersih agar tak ada virus dan bakteri atau kuman yang menempel.

3. Jangan menyentuh bagian depan face shield

Bagian depan face shield adalah sisi yang mungkin lebih banyak terkontaminasi virus, bakteri atau kuman lantaran langsung berdepan-depan dengan mikroorganisme. Karena itu pastikan selama memakai face shield, hindari menyentuh bagian depan.

4. Meminimalisir lepas-pasang face shield

Kurangi melepas dan memakai face shield. Semakin sering lepas-pasang, maka semakin tinggi risiko kontaminasi. Jika ingin melepas face shield, sentuh bagian gagangnya. Bukan bagian depan agar tangan tidak terkontaminasi virus.

5. Bersihkan face shield dengan rutin

Setelah digunakan, bersihkan segera face shield dengan alkohol 70 persen atau disinfektan. Untuk pembersihan secara rutin, basuh dengan detergen dan air kemudian keringkan sebelum digunakan kembali.



Simak Video "Seberapa Ampuh Masker dan Face Shield Cegah Penularan Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)