Senin, 27 Jul 2020 13:05 WIB

5 Trik Turunkan Kolesterol dengan Cepat dan Aman

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Olahraga Foto: shutterstock
Jakarta -

Tahukah kamu, beberapa penelitian menemukan fakta setiap kadar kolesterol jahat (LDL) turun 10 % maka risiko serangan jantung juga akan turun 20% hingga 30%. Menurut riset, strategi dalam penerapan gaya hidup sehat paling efektif menekan angka penurunan kolesterol.

Melansir Pritikin, berikut 5 trik menurunkan kadar kolesterol jahat secara cepat dan aman yang telah diajarkan oleh para dokter, ahli diet, ahli fisiologi olahraga serta pengajar lainnya di Pritikin Longevity Center.

Konsumsi Buah, Sayur, Kacang-kacangan, dan Biji-bijian

Sebuah studi menemukan semakin banyak mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, kentang, dan makanan nabati alami yang kaya serat maka tubuh akan lebih sehat. Makanan nabati yang tinggi serat larut sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat total atau LDL. Namun, bukan berarti kamu harus menjadi vegetarian untuk menurunkan kadar kolesterol ke tingkat normal.

Perbanyak Protein Nabati

Bukan berarti protein hewani tak baik bagi tubuh. Namun, jika kamu tengah mencoba menurunkan kadar kolesterol, kamu bisa mengganti asupan protein dari hewani menjadi protein nabati. Protein nabati banyak ditemukan di kedelai, gandum, kacang hijau, alpukat, dan masih banyak lagi.

Jangan Malas Bergerak

Bergerak juga menjadi salah satu cara paling efektif dalam menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol yang terlalu tinggi bisa terjadi karena lemak yang ada di dalam tubuh tidak terbakar menjadi energi karena tubuh diam atau tidak melakukan aktivitas. Oleh karena itu, perbanyaklah bergerak atau olahraga secara rutin minimal 10-30 menit setiap harinya.

Diet Lemak

Tak selamanya diet hanya soal kelebihan berat badan. Jika kadar kolesterol naik, kamu juga bisa melakukan diet untuk menurunkannya. Hanya saja, tidak semua makanan harus kamu hindari. Kamu harus mencari tahu terlebih dahulu makanan apa saja yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Hindari dulu makanan-makanan yang mengandung lemak hingga kadar kolesterol kembali normal.

Bantu dengan Konsumsi Beta Glucan dan Inulin yang Terkandung di Nestlé ACTICOR

Di samping rajin berolahraga dan menjalankan diet rendah lemak, rendah lemak jenuh, rendah kolesterol, kamu juga bisa mengonsumsi Nestlé ACTICOR yang mengandung serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin secara rutin.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman mengandung susu yang dapat bantu turunkan kolesterol, karena mengandung serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin, jika disertai dengan diet rendah lemak jenuh dan rendah kolesterol. Beta Glucan dan Inulin telah teruji klinis membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Nestlé ACTICOR juga rendah lemak dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestlé ACTICOR dianjurkan diminum 2x sehari setelah makan.



Simak Video "55% Orang Tak Patuh Protokol Kesehatan karena Tak Ada Sanksi"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)