Kamis, 30 Jul 2020 22:00 WIB

Meski Zona Hijau, Kelompok Rentan Diimbau Tidak Ikut Salat Idul Adha di Mesjid

Firdaus Anwar - detikHealth
Ribuan umat muslim melaksanakan sholat Ied di Ruas Jalan Jendral Urip Sumoharjo, Matraman, Jakarta, Minggu (19/8). Hari ini seluruh umat Muslim merayakan hari raya idul fitri dengan melaksanakan shalat berjamaah. File/detikFoto. Kelompok rentan diimbau tidak salat Idul Adha di Mesjid. (Foto ilustrasi: Jhoni Hutapea)
Jakarta -

Menjelang Idul Adha, mesjid di beberapa daerah diketahui akan melaksanakan salat berjamaah. Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Hukum, HAM, dan Perundang-undangan Robikin Emhas mengimbau agar kelompok rentan lebih baik salah di rumah.

Dalam siaran tentang persiapan pelaksanaan Idul Adha di masa pandemi COVID-19, Robikin menyebut penerapan protokol kesehatan wajib dilakukan umat muslim sebagai bagian dari perintah agama untuk berikhtiar.

Daerah yang sudah dianggap zona hijau tak masalah bila ingin melaksanakan salat Idul Adha seperti biasa. Namun kelompok rentan seperti anak-anak, orang sakit, dan lansia sebaiknya salat dilakukan di rumah saja.

"Muslim wajib hukumnya untuk mematuhi protokol kesehatan sebagai bagian dari perintah agama untuk ikhtiar," kata Robikin seperti dikutip dari kanal Youtube BNPB Indonesia, Kamis (30/7/2020).

"Meskipun di zona hijau bagi anak-anak, orang yang sakit, atau sudah uzur kategori usia rentan, maka dianjurkan untuk menjalankan salat Idul Adha di rumah masing-masing," lanjutnya.

Umat muslim juga diimbau agar sudah wudu dari rumah bila memang ingin ikut salat berjamaah. Robikin mengingatkan sebelum wudu jangan lupa cuci tangan pakai sabun.

Setelah itu sepanjang berangkat, menjalani salat, dan pulang ke rumah selalu gunakan masker. Usai salat segera kembali pulang dan hindari melakukan kontak fisik langsung dengan orang lain.

"Tradisi bertemu dengan sanak saudara, handai taulan, dan sesama umat Islam di tempat salat Idul Adha yang sebelumnya bisa bersalaman, di masa pandemi COVID-19 ini cukup kita memberikan tanda hormat salam dengan meletakkan tangan di dada atau bungkukkan badan sedikit termasuk kepala sambil senyum," pungkas Robikin.



Simak Video "Panduan WHO agar Aman dari COVID-19 saat Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)