Sabtu, 01 Agu 2020 20:00 WIB

Hati-hati, Ini Bahaya Menjemur Pakaian di Dalam Ruangan

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Bright purple bra, socks, and tank tops hanging outside in a neat row on a wash line, clipped by colorful clothespins. Some copy space on the gray wall in the background. Shot in Italy. Menjemur pakaian di dalam ruangan. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/)
Jakarta -

Belakangan ini cuaca sedang tidak menentu. Kadang matahari terik, tetapi beberapa saat kemudian hujan. Hal ini bisa membuat sebagian orang 'kecolongan' saat mengeringkan jemuran.

Untuk mengantisipasi agar jemuran tidak terkena hujan, ada orang yang akhirnya memilih menjemur pakaian di dalam ruangan.

Memang menjemur pakaian di dalam ruangan membantu agar tidak khawatir jemuran terkena hujan, tapi ternyata menjemur pakaian bisa berisiko juga bagi kesehatan.

Dikutip dari Rte, sebuah penelitian dari Mackintosh School of Architecture di Skotlandia menemukan kebiasaan menjemur pakaian basah di dalam ruangan akan meningkatkan kelembapan hingga 30 persen. Dampaknya jamur jadi lebih mudah untuk tumbuh dan melepaskan sporanya di dalam ruangan.

"Lingkungan lembap mendorong tumbuhnya jamur yang dapat melepaskan spora di dalam ruangan," jelas Pheena Kenny, perwakilan Asthma Society of Ireland.

Spora merupakan sel berkembang biaknya jamur. Bila terhirup bisa menyebabkan batuk, bersin, alergi, dan asma.

Kenny menambahkan kelompok yang rentan, seperti anak bayi, orang tua, dan orang dengan sistem kenalan tubuh yang lemah akan mudah mengalami masalah kesehatan bila terpapar spora jamur ini.



Simak Video "Waspada! Ini Gejala Infeksi Bakteri Listeria Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)