Senin, 03 Agu 2020 14:04 WIB

Dokter Siap-siap di Wisma Atlet Viral di Tengah Kontroversi Video Anji

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Persiapan tenaga medis di RS darurat Wisma Atlet, Jakarta. Persiapan dokter dan tenaga medis di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta. (Foto: Tangkapan layar Twitter)
Jakarta -

Sejak COVID-19 mewabah di seluruh dunia, tenaga medis menjadi garda terdepan dalam menangani pasien Corona. Dari tenaga hingga nyawa pun mereka korbankan dalam melawan penyakit ini.

Sebuah video yang menunjukkan keseharian tenaga medis yang hendak bersiap-siap untuk menangani pasien Corona pun viral di media sosial. Video ini diunggah oleh akun Twitter bernama @wowrfd pada Minggu (2/8/2020) dan telah mendapatkan lebih dari 27 ribu retweet dan 57 ribu like.

Diketahui, tenaga medis dalam video tersebut adalah seorang dokter umum dari Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Jakarta. Dokter itu bernama Ayuni Rianty.

Ayuni bercerita, ia dan tenaga medis lainnya setiap hari harus turun dari tower 2 yakni tempat mereka beristirahat ke tower 3 untuk melakukan berbagai persiapan, dari mengambil sepatu boot, menggunakan alat pelindung diri (APD), hingga mengecek apakah APD sudah tertutup rapat atau belum untuk meminimalisir risiko penularan virus Corona.

"15-20 menit pakai APD. Setelah itu ada tim yang membantu lakban," kata Ayuni kepada detikcom melalui pesan singkat, Senin (3/8/2020).

Ayuni pun menjelaskan, ia tetap harus menggunakan APD lengkap selama bekerja, yakni 8-9 jam per hari. Selama itu pula Ayuni dan tenaga medis lainnya tidak diperkenankan untuk makan, minum, dan buang air kecil atau besar.

"Haus dan lapar masih bisa ditahan, tapi kalau buang air kecil walaupun sudah pakai diapers (popok) nggak bisa keluar. Rasanya nggak enak banget," jelasnya.

Meski begitu, ia mengaku bahagia bisa bertugas mengobati pasien dan melihat raut wajah mereka ketika dinyatakan sembuh dari virus Corona.



Simak Video "2 Hal Penting untuk Bantu Tenaga Medis Tidak Terserang Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)