Senin, 03 Agu 2020 17:28 WIB

Ini Alasan ASI Bisa Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Abu Ubaidillah - detikHealth
Liprolac Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif kepada si kecil merupakan hal yang penting dilakukan. Terutama pada 6 bulan pertama saat si kecil belum dapat menelan makanan apapun, ASI berperan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil sehingga kesehatan dan daya tahan tubuhnya tetap terjaga.

Dilansir dari American Pregnancy, ASI mengandung berbagai jenis nutrisi yang penting bagi si kecil seperti protein untuk mencegah virus dan bakteri; lemak untuk perkembangan otak; karbohidrat untuk memberi energi kepada si kecil; serta vitamin A, D, E, dan K yang semuanya penting untuk mereka.

Selain nutrisi-nutrisi tersebut, kandungan ASI lain yang tak kalah penting adalah probiotik (bakteri baik). Probiotik berperan untuk membantu pencernaan si kecil tetap lancar. Dengan pencernaan yang lancar, si kecil mampu menyerap semua nutrisi tersebut masuk ke tubuhnya sehingga manfaatnya pun dapat dirasakan.

Seperti yang diketahui bahwa sistem imun pada masa awal kehidupan si kecil belum matang. Di sini ASI dengan probiotiknya berperan untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh si kecil sehingga ia tak mudah terserang penyakit.

Namun perlu dipahami, tidak semua jenis bakteri memiliki peran sebagai probiotik (bakteri baik). Bakteri yang ditetapkan sebagai probiotik perlu mendapatkan lisensi dari U.S Food & Drug Administration (FDA), yaitu lisensi Generally Recognized as Safe, salah satunya adalah Bifidobacterium.

Jurnal dari American Society for Microbiology menyebut mikrobiota seperti genus Bifidobacterium ini terlibat dalam berbagai interaksi yang mempengaruhi kesehatan usus neonatal sejak lahir. Bahkan 60% usus bayi yang berusia 1 bulan pertama telah didominasi oleh mikrobiota Bifidobacterium. Mikrobiota ini akan terus berkembang hingga mencapai 100% saat usia si kecil sudah 3 tahun.

Kemudian jurnal lain yang diterbitkan oleh MDPI mengatakan Bifidobacterium, khususnya Bifidobacterium animalis subsp lactis merupakan probiotik jenis Bifidobacterium yang paling banyak didokumentasikan dalam publikasi ilmiah. Bifidobacterium animalis subsp lactis telah teruji secara klinis untuk membantu menyehatkan pencernaan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu Bifidobacterium juga melindungi si kecil dari risiko diare dan mengurangi efek samping dari antibiotik. Bifidobacterium animalis subsp lactis juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi pada saluran pernapasan.

LiprolacLiprolac Foto: Shutterstock

Untuk meningkatkan asupan probiotik di awal kehidupan pada si kecil, khususnya yang mengandung probiotik Bifidobacterium animalis subsp lactis, kini dapat dilakukan dengan memberikan Liprolac baby kepada si kecil. Sebab, kandungan Bifidobacterium animalis subsp lactis terdapat dalam Liprolac baby.

Liprolac baby merupakan suplemen kesehatan saluran cerna untuk mendukung tumbuh kembang si kecil yang praktis, tidak perlu disimpan di kulkas dan juga telah diformulasikan bebas laktosa, bebas gluten, tidak berasa, tidak mengandung pengawet, dan tidak berwarna untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi si kecil.

(prf/ega)