Kamis, 06 Agu 2020 20:30 WIB

Kandungan Vitamin A dan C pada Buah Pepaya, Baik untuk Kulit

Tim detikcom - detikHealth
Biji pepaya Foto: iStock/Kandungan Vitamin A dan C pada Buah Pepaya, Baik untuk Kulit
Jakarta -

Buah pepaya merupakan salah satu jenis buah yang kaya nutrisi terutama mengandung vitamin A dan C. Tak heran Colombus menjuluki pepaya sebagai 'buah para malaikat'. Para dokter menyarankan buah yang rasanya manis dan enak dimakan ini untuk mengatasi sulit buang air besar.

Dilansir WebMD sebuah pepaya berukuran besar mengandung 235 miligram vitamin C. Jumlah ini dua hingga tiga kali lebih banyak dari asupan harian yang direkomendasikan. Karena inilah pepaya disebut sebagai salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi. Sumber yang sama juga menyebutkan pepaya juga merupakan sumber vitamin A, kalium, dan kalsium yang sangat baik.

Dalam Medical News Today disebutkan, kandungan vitamin A dibutuhkan untuk produksi sebum, sehingga membuat rambut tetap lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Sedangkan kandungan vitamin C yang cukup, yang dapat disediakan oleh pepaya, dibutuhkan untuk memelihara kolagen pada kulit.

Manfaat lainnya dari pepaya dikutip dari Medical News Today yakni mencegah asma. Orang yang mengonsumsi pepaya, risiko terkena asma lebih rendah. Mengonsumsi pepaya juga dapat mengurangi risiko kanker prostat. Hal ini dapat ditemukan pada pria yang rutin makan pepaya, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology and Prevention Biomarkers.

Pepaya juga bermanfaat dalam kesehatan tulang. Orang yang mengonsumsi pepaya, risiko patah tulang lebih rendah. Buah dengan warna cerah ini juga juga kaya serat dan kandungan air, yang dapat membantu mencegah sembelit dan membuat pencernaan menjadi lancar. Pepaya juga dapat membantu sakit radang. Hal ini karena kandungan kolin yang terdapat di dalam pepaya dapat membantu menjaga struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan.

Disebutkan WebMD, pepaya diyakini berasal dari Meksiko Selatan. Pepaya memiliki dua varietas utama yakni Hawaii dan Meksiko. Anda biasa mendapatkan pepaya Hawaii di supermarket. Kulit buah pepaya itu berwarna kuning dan berdaging oranye cerah. Pepaya Meksiko biasanya jauh lebih besar dan kurang beraroma tetapi masih memiliki kualitas gizi yang sama.

Kedua varietas memiliki biji hitam bundar ini mengandung papain, enzim yang membantu pencernaan dan digunakan untuk melunakkan daging. Untuk memakan buah eksotis ini, potong seperti melon, buang bijinya, dan kupas kulitnya. Pepaya enak dinikmati langsung atau ditambah jeruk lemon. Bisa juga dimakan dengan menambahkan bumbu salad.



Simak Video "Mencontoh Singapura yang Sigap Pandemi Sejak Epidemi SARS"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)