Kamis, 06 Agu 2020 20:00 WIB

Dikira Terinfeksi Corona, Ternyata Wanita Ini Idap Kanker Payudara

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ilustrasi kanker rumah sakit Dikira terinfeksi Corona, ternyata idap kanker payudara. (Foto: iStock)
Jakarta -

Seorang wanita dilaporkan meninggal dunia setelah dokter menyebut gejala medis yang dialaminya sebagai indikasi infeksi COVID-19. Setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut, ternyata masalah kesehatannya disebabkan oleh kanker.

Beth Pattinson sebelumnya sudah dua kali sembuh dari kanker payudara yang diidapnya pada 2016 dan 2017. Hanya saja di bulan Maret 2020, gejalanya mulai kambuh. Beth kemudian mengunjungi dokter umum di Bridge End Surgery, Inggris, karena mengalami batuk yang tidak kunjung reda.

Pada saat itu, dokter menyebut batuk yang dialaminya kemungkinan besar disebabkan oleh virus Corona yang kala itu sudah mulai menyebar di seluruh negeri.

Dua bulan setelahnya, Beth kembali berkonsultasi dengan dokter onkologi di Rumah Sakit Royal Victoria Newcastle melalui telepon. Lagi-lagi, ia diberitahu bahwa gejala yang diidapnya merupakan kondisi akibat infeksi virus Corona.

Tidak disangka, gejalanya makin memburuk. Beth akhirnya dirawat di rumah sakit pada awal Juni karena dugaan pneumonia. Beth menjalani tiga kali tes virus corona sebelum dirawat dan semua hasilnya negatif.

Sayangnya butuh lebih dari seminggu untuk dokter menyadari kondisi yang diidap Beth adalah kanker payudara yang sudah bermetastasis ke ovarium dan paru-parunya. Pada bulan yang sama ia dirawat, Beth meninggal dunia di Newcastle's Freeman Hospital.

Kepada BBC, pihak keluarga mengatakan mereka tidak menyalahkan petugas medis atas apa yang terjadi pada Beth.

"Kami tidak ingin menyalahkan tenaga kesehatan karena perawatan dan dukungan yang ia terima selama empat tahun tidak ada duanya dan kami pikir apa yang telah dilakukan mereka, terutama sejak Maret ketika pandemi itu datang, telah luar biasa," kata sang Ayah.

Menurutnya, Beth bukanlah korban COVID-19 tetapi korban keadaan yang disebabkan oleh virus Corona.

"Jika ada hal yang dapat diwariskan Beth, maka kami meminta orang-orang yang pernah didiagnosis kanker sebelumnya diperiksa terlebih dahulu sebelum melihat penyebab lain," pungkasnya.



Simak Video "Imunitas Tiap Orang Berbeda, Perhatikan Faktor yang Memengaruhinya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)