Sabtu, 08 Agu 2020 13:11 WIB

Bisa Picu Gangguan Mental, Ini 5 Cara Atasi Overthinking

Inkana Putri - detikHealth
Teenage grl sitting on a staircase outside feeling depressed Foto: iStock
Jakarta -

Kata overthinking sepertinya sudah tidak asing lagi terdengar, khususnya di kalangan milenial. Overthinking adalah memikir sesuatu secara berlebihan. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin sangat normal terjadi. Padahal, jika dibiarkan terus-menerus overthinking juga bisa menjadi pemicu stress dan gangguan mental.

Tak hanya itu, overthinking terkadang memicu rasa khawatir. Akibatnya, otak sering sekali dibuat pusing dengan prediksi negatif tentang hal yang belum tentu terjadi. Bagi kamu yang sering merasakan overthinking, cobalah lakukan 5 cara ini untuk atasi overthinking seperti dilansir dari Forbes.

Perhatikan Cara Berpikir

Hal pertama yang perlu dilakukan saat overthinking datang adalah dengan berhenti berpikir berlebihan. Mulailah dengan perhatikan cara kamu berpikir dan cobalah untuk mengontrol pikiran. Saat mulai memikirkan banyak hal atau mengkhawatirkan hal yang negatif, kamu perlu mengakui bahwa hal tersebut tidaklah baik dan hanya membuang waktu saja. Oleh karena itu, cobalah untuk kendalikan pikiran dengan berpikir hal yang positif.

Fokus pada Solusi

Ketika overthinking, otak sering sekali dilibatkan dengan permasalahan yang tak berujung. Hal ini tentu tidak akan membuat overthinking kamu hilang. Untuk itu, perlu dicari jalan keluar dari permasalahan tersebut, yakni dengan bertanya kepada diri sendiri. Selain itu, hindari menyalahkan diri sendiri dengan bertanya-tanya 'kenapa ini bisa terjadi?' atau 'apa salah saya?', dan mulailah mencari solusi.

Introspeksi Diri

Meluangkan waktu untuk introspeksi atau refleksi singkat dapat membantu kamu menghilangkan overthinking. Kamu bisa kenali potensi diri sendiri dan pikirkan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan agar bisa melakukan hal yang lebih baik lagi nantinya.

Latih Pikiran

Saat overthinking datang, ada masanya kamu perlu melatih pikiran untuk bersikap bodo amat atau tak peduli terhadap pikiran-pikiran negatif. Pasalnya, kamu tidak bisa berpikir terus-menerus terhadap hal yang belum terjadi yang menimbulkan ketakutan dan kekhawatiran. Akibatnya, aktivitas sehari-hari kamu malah bisa jadi terganggu dan tidak produktif gara-gara overthinking.

Cari Kegiatan Lain

Jika menyuruh diri sendiri untuk berhenti overthinking terasa sulit atau bahkan menjadi boomerang, kamu bisa coba cari kegiatan lain. Pasalnya, ada sebagian orang yang malah semakin kepikiran jika dipaksa berhenti untuk memikirkan sesuatu. Cobalah sibukan diri kamu dengan aktivitas lain seperti olahraga, mendengarkan musik, nonton film, memasak, dan lainnya.

Itulah kelima hal yang bisa kamu lakukan saat overthinking menyerang. Selain kelima hal di atas, kamu bisa mengatasi overthinking dengan sharing permasalahan kepada orang lain, seperti teman, orang tua, pacar, atau bahkan dokter. Saat ini, Grab menghadirkan layanan Grab Health bagi kamu yang ingin berkonsultasi masalah kesehatan dengan dokter, termasuk kesehatan mental. Kamu juga bisa membeli bermacam obat, vitamin, bahkan skin care lewat layanan GrabHealth.

(prf/up)