Jumat, 14 Agu 2020 13:00 WIB

Jessica Mila Idap Skoliosis Sejak SMP, Kenali Berbagai Penyebabnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jessica Mila saat berkunjung ke kantor detikcom. Jessica idap penyakit skoliosis, apa saja penyebab yang perlu diwaspadai? (Foto: Dicky Ardian/detikHOT)
Jakarta -

Jessica Mila mengidap penyakit skoliosis. Jessica yang juga pemain film Imperfect ini telah mengidap kelainan tersebut sejak duduk di bangku SMP.

"Sejauh ini masih baik-baik saja, puji Tuhan. Memang dari sejak SMP itu tulang belakang aku udah S. Aku nggak tahu derajatnya nambah apa nggak tapi dari beberapa tahun terakhir aku cek derajat kemiringannya itu tidak bertambah jadi masih fine-fine aja," ujar Jessica Mila saat ditemui usai mengisi acara Santuy Malam, Trans TV, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (13/8/2020) malam.

Skoliosis merupakan kelainan pada tulang punggung yang tidak normal dengan kondisi bengkok. Dikutip dari Mayo Clinic, kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut.

- Kondisi neuromuskuler, seperti cerebral palsy atau distrofi otot. Kondisi ini ditandai dengan ketidakmampuan sistem saraf dan otot bekerja sebagaimana mestinya.

- Cacat lahir yang mempengaruhi perkembangan tulang belakang.

- Cedera atau infeksi tulang belakang

- Faktor genetik. Skoliosis juga bisa disebabkan karena faktor genetik, atau turunan riwayat penyakit dari keluarga.

Komplikasi

Meskipun kebanyakan orang dengan skoliosis memiliki bentuk gangguan yang ringan, skoliosis terkadang dapat menyebabkan komplikasi, termasuk:

1. Kerusakan paru-paru dan jantung

Pada skoliosis yang parah, tulang rusuk dapat menekan paru-paru dan jantung, membuatnya lebih sulit untuk bernapas dan lebih sulit bagi jantung untuk memompa darah.

2. Masalah punggung

Orang dewasa yang mengidap skoliosis saat anak-anak lebih mungkin mengalami sakit punggung kronis daripada orang pada populasi umum.

3. Penampilan

Ketika skoliosis memburuk, hal itu dapat menyebabkan perubahan yang lebih nyata termasuk pinggul dan bahu yang tidak rata, tulang rusuk yang menonjol, dan pergeseran pinggang dan tubuh ke samping. Pengidap skoliosis sering kali menjadi sadar diri tentang penampilannya.



Simak Video "5 Fakta Skoliosis, Kelainan Tulang yang Diidap Jessica Mila Sejak SMP"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)