Jumat, 14 Agu 2020 16:36 WIB

Jessica Mila Akui Idap Skoliosis, Begini Cara Deteksi Dininya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Jessica Mila Jessica Mila. (Foto: Screenshot YouTube/Jessica Mila)
Jakarta -

Aktris cantik Jessica Mila mengaku dirinya mengidap skoliosis, yakni kelainan tulang punggung dengan kondisi bengkok.

"Sejauh ini masih baik-baik saja, puji Tuhan. Memang dari sejak SMP itu tulang belakang aku udah S. Aku nggak tahu derajatnya nambah apa nggak tapi dari beberapa tahun terakhir aku cek derajat kemiringannya itu tidak bertambah jadi masih fine-fine aja," ujar Jessica Mila saat ditemui usai mengisi acara Santuy Malam, Trans TV, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (13/8/2020) malam.

Menurut dokter spesialis ortopedi di RSUP Hasan Sadikin Bandung, dr Ahmad Ramdan, SpOT(K), kelainan tulang punggung ini rentan terjadi pada orang di usia muda. Skoliosis pun bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti faktor genetik atau 'bakat' dari lahir dan pernah mengalami cedera atau infeksi tulang belakang.

"Karena ada bakat dari lahir, jadi skoliosis itu rentan akan muncul saat remaja nanti. Tapi, karena ketidaktahuan adanya bakat itu dan kebiasaan buruk orang muda sekarang, bisa memperburuk keadaan tulang belakangnya," kata dr Ahmad dalam wawancara beberapa waktu lalu.

dr Ahmad pun menyarankan untuk melakukan deteksi dini skoliosis. Caranya, posisikan tubuh membungkuk dengan lurus dan usahakan sampai membentuk sudut 90 derajat. Jika dari belakang terlihat tidak simetris, dipastikan berpotensi skoliosis.

"Segera konsultasi ke spesialis ortopedi, agar diinvestigasi lebih lanjut. Untuk mencegahnya, biasanya akan dianjurkan untuk melakukan terapi," jelasnya.



Simak Video "5 Fakta Skoliosis, Kelainan Tulang yang Diidap Jessica Mila Sejak SMP"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)