Minggu, 16 Agu 2020 08:23 WIB

Beredar Foto Putri Vladimir Putin Disuntik Vaksin Corona, Ini Faktanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Hoax putri Vladimir Putin saat disuntik vaksin Corona. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Topik Hangat Vaksin Corona Rusia
Jakarta -

Di media sosial beredar foto yang diklaim putri dari Presiden Rusia, Vladimir Putin, saat menerima vaksin Corona. Hal ini menyusul kabar dari otoritas Rusia yang menyebut sudah selesai mengembangkan vaksin Corona COVID-19 pertama di dunia.

"Putri Presiden Rusia Vladimir Putin ... orang pertama yg sdh divaksin dgn vaksin yg ditemukan oleh tim kedokteran Rusia, bukan vaksin buatan Cina dan ini keteladanan seorang pemimpin negara yg berani ambil resiko, putrinya divaksin terlebih dahulu sebelum di vaksinkan ke rakyatnya," kata salah satu pengguna Facebook yang turut membagikan gambar.

Penelusuran dengan aplikasi verifikasi gambar, InVid, menemukan foto wanita yang ramai dibagikan di media sosial tersebut berasal dari video di situs Youtube bertanggal 25 Juni 2020. Dalam video dan laporan media disebutkan bahwa wanita itu merupakan salah satu relawan vaksin Corona bernama Natalia.

Dalam keterangan video dijelaskan Natalia adalah tentara perempuan yang menempuh pendidikan di Kirov Military Medical Academy untuk menjadi dokter militer. Sama sekali tidak disebut putri dari Presiden Vladimir Putin.

Putin saat mengumumkan vaksin memang pernah mengaku salah satu putrinya ikut dalam uji coba. Namun, ia tidak menjelaskan lebih detail.

Putri dari Presiden Vladimir Putin diketahui bernama Maria dan Katerina.



Simak Video "Sputnik V Jadi Nama Vaksin Corona Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)
Topik Hangat Vaksin Corona Rusia