Jumat, 14 Agu 2020 11:35 WIB

Izin Vaksin Corona Rusia Sputnik V Ternyata Hanya untuk Kelompok Kecil

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
In this handout photo taken on Thursday, Aug. 6, 2020, and provided by Russian Direct Investment Fund, a new vaccine is on display at the Nikolai Gamaleya National Center of Epidemiology and Microbiology in Moscow, Russia. Russia on Tuesday, Aug. 11 became the first country to approve a coronavirus vaccine for use in tens of thousands of its citizens despite international skepticism about injections that have not completed clinical trials and were studied in only dozens of people for less than two months. (Alexander Zemlianichenko Jr/ Russian Direct Investment Fund via AP) Vaksin Corona dari Rusia. (Foto: AP/Alexander Zemlianichenko Jr)
Topik Hangat Vaksin Corona Rusia
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa vaksin virus Corona pertama di dunia telah disetujui. Kontroversial karena banyak yang menilai vaksin tersebut tidak melalui tahapan uji klinis yang lengkap.

Belakangan, terungkap bahwa vaksin yang diberi nama 'Sputnik V' tersebut ternyata hanya disetujui untuk kelompok kecil yang rentan terpapar Corona. Salah satu di antaranya adalah petugas kesehatan.

Sertifikat pendaftaran untuk vaksin tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Rusia, yang menyatakan bahwa vaksin tersebut tidak bisa disetujui untuk digunakan secara luas sampai 1 Januari 2021 mendatang. Pernyataan ini tampaknya bertentangan dengan pernyataan dari berbagai pejabat kesehatan Rusia.

"Orang-orang di luar uji klinis akan mendapatkan vaksin ini pada bulan Agustus, dan skala besarnya akan diberikan pada Oktober mendatang," ujar Kirill Dmitriev, kepala eksekutif Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF), dikutip dari Livescience, Jumat (14/8/2020).

Dmitriev juga mengatakan, uji klinis fase III untuk menilai keamanan dan kemanjuran vaksin ini secara lebih menyeluruh akan dijadwalkan mulai minggu ini.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Rusia, Mikail Murashko mengatakan negaranya akan mulai kampanye massal untuk mendistribusikan vaksin tersebut. Para pekerja medis serta guru akan diprioritaskan untuk menjadi penerima vaksin yang pertama.



Simak Video "Janji India Bagikan Vaksin Corona Buatannya ke Seluruh Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)
Topik Hangat Vaksin Corona Rusia