Selasa, 18 Agu 2020 23:06 WIB

4 Tips Mencegah Tumbang akibat Letih Bekerja Seharian

Elsa Himawan - detikHealth
Close up of a young woman  fall asleep next to smart phone Tidur adalah cara tepat mengatasi kelelahan (Foto: iStock)
Jakarta -

Rasa lelah seringkali muncul setelah melakukan aktivitas seharian penuh. Biasanya, mudah lelah setelah beraktivitas dapat disebabkan oleh beban pekerjaan dan adanya masalah kesehatan, seperti kekurangan vitamin, anemia, dan gangguan kelenjar pada tiroid.

Bila dibiarkan, kelelahan kronis bisa mengganggu kesehatan. Segera konsultasi pada dokter jika rasa lelah yang kamu alami tidak kunjung mereda.

Istirahat adalah cara paling tepat untuk memulihkan kebugaran. Namun terkadang, itu saja tidak cukup.

Berikut 4 cara mengatasi kelelahan yang setelah beraktivitas seharian, dikutip dari berbagai sumber:

1. Mandi air hangat

Menurut Phyllis Zee, MD, Kepala Pusat Penelitian Gangguan Tidur di Northwestern University, orang akan lebih cepat tidur ketika suhu badannya menurun. Mandi dengan air hangat akan menurunkan suhu badan dengan sendirinya.

2. Konsumsi vitamin minyak ikan

Selain baik untuk kesehatan jantung, konsumsi minyak ikan dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan seseorang.

Menurut sebuah studi tahun 2009 yang dilakukan para ilmuwan di Universitas Siena Italia, relawan yang mengkonsumsi vitamin minyak ikan selama 21 hari memiliki kesehatan mental dan stamina yang lebih kuat.

3. Minum banyak air putih

Menurut asisten profesor kinesiologi di California State University, Dan Judelson, PhD, dehidrasi menguras energi dan mengganggu kinerja fisik. Seseorang yang mengalami dehidrasi lebih mudah merasa kelelahan. Oleh sebab itu, salah satu cara mengatasi dehidrasi adalah minum banyak air putih.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa dehidrasi mempersulit atlet untuk menyelesaikan latihan angkat beban," kata Dan Judelson melalui WebMD.

4. Makan teratur dan sehat

"Kamu tidak akan memiliki energi jika melewatkan makan. Pada siang hari, makanlah setiap empat jam sekali atau saat kamu merasa lapar," ujar Keri Gans, RD, penulis The Small Change Diet.

Makanan yang dimakan harus kurang dari 200 kalori dan harus mencakup campuran karbohidrat, serat, dan protein.



Simak Video "Ingat! Istirahat Cukup Juga Kunci Sehat Saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)