Jumat, 21 Agu 2020 17:54 WIB

Anak Remaja Terpapar Video Zara Adhisty, Apa yang Sebaiknya Ortu Sampaikan?

Elsa Himawan - detikHealth
Studio shot of brunette girl hiding eyes under hand while feeling ashamed. Caucasian young woman in white shirt covering face with hand. Human facial expressions and emotions Video viral Zara Adhisty bisa berdampak pada kejiwaan anak remaja yang menontonnya (Foto: Getty Images/iStockphoto/Koldunov)
Jakarta -

Beredarnya video viral Zara Adhisty dan Zaki Pohan dikhawatirkan berdampak pada kejiwaan anak dan remaja yang menontonnya. Apa yang sebaiknya orang tua katakan jika anak remajanya telanjur terpapar?

"Sampaikan bahwa siapapun yang melakukan hal itu, artis atau bukan, tetap hal tersebut adalah contoh buruk dan bisa mengakibatkan dampak buruk berkepanjangan," saran psikolog Nuzulia Rahma Tristinarum, Jumat (21/8/2020).

Psikolog dari Pro Help Center (Layanan Konsultasi Pendidikan dan Psikologi) yang akrab disapa Rahma ini menyebut viralnya video semacam ini bisa berdampak pada psikologi pelaku. Misalnya memicu bullying yang terus menerus, merugikan masa depan dan karier, serta menjatuhkan image diri di masyarakat.

"Dan juga bisa merugikan orang lain, misalnya keluarga," lanjutnya.

Menurut Rahma, ada berbagai kemungkinan dampak kejiwaan yang timbul pada anak maupun remaja yang terpapar video semacam ini. Salah satunya adalah muncul keinginan untuk coba-coba atau meniru.

"Merasa bahwa hal yang terjadi dalam video adalah hal yang wajar dilakukan," jelas Rahma.



Simak Video "Top 5: Beredar Video Zara Adhisty, Pelawak Qomar Resmi Ditahan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)