Minggu, 23 Agu 2020 13:34 WIB

Ustaz Yusuf Mansur Alami Penyumbatan di Leher, Apa Sih Artinya?

Defara Milenia Romadhona - detikHealth
Ustaz Yusuf Mansur akhirnya memenuhi panggilan penyidik Polrestabes Surabaya. Ia dipanggil sebagai saksi kasus penipuan perumahan fiktif berkedok syariah, Multazam Islamic Residence. Ustaz Yusuf Mansur mengalami penyumbatan di leher (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Jakarta -

Ustaz kondang Yusuf Mansur tengah dirawat di rumah sakit. Kondisinya sudah membaik setelah mengalami penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah di bagian leher.

Dikatakan, ada gumpalan atau pembengkakan di bawah kepala kanan bawah. Kondisinya tersebut sedang ditangani dengan apa yang disebutnya 'tindakan kecil'.

"Alhamdulillah so far masih aman, ada persoalan degeneratif juga di ruas nomor 5 dan 6 tulang leher belakang, doain ya," jelas Ustaz Yusuf Mansur kepada detikcom.

Tidak ada informasi lebih detail tentang kondisi tersebut. Karenanya, masih banyak yang bertanya-tanya sebenarnya Ustaz Yusuf Mansur sakit apa?

Praktisi kesehatan jantung dan pembuluh darah dari RS Siloam Lippo Village dr Vito A Damay, SpJP mengatakan, istilah penyumbatan atau gumpalan seperti disampaikan Ustaz Yusuf Mansur sangat umum dan tidak menggambarkan detail penyakit sebenarnya. Namun ada beberapa penyakit yang sering disebut demikian.

"Salah satunya adalah penyakit arteri karotis," kata dr Vito.

Penyakit arteri karotis terjadi karena penumpukan lemak dan kekakuan pembuluh darah atau aterosklerosis. Pada jantung, kondisi serupa menyebabkan serangan jantung koroner.

"Pada penyakit jantung koroner ujungnya adalah serangan jantung, kalau penyakit arteri karotis ujung yang tidak kita inginkan adalah stroke," jelas dr Vito.

Arteri karotis, menurut dr Vito memang terletak di leger dan mengalirkan darah bersih yang kaya oksigen dari jantung ke otak.

Sementara itu, ahli saraf dr Muhammad Kurniawan, SpS(K) dari RS Cipto Mangunkusumo menjelaskan bahwa penyumbatan tidak selalu berarti stroke. Terlebih, tidak disebutkan dengan jelas apakah pembuluh darah yang tersumbat adalah vena atau arteri.

"Jika terjadi sumbatan pembuluh darah arteri di leher, maka ada risiko aliran darah dari jantung ke otak akan terganggu, sehingga bisa berisiko terjadi stroke," jelas dr Kurniawan.



Simak Video "Cara Cegah Penyumbatan Darah seperti Penyakit Ustaz Yusuf Mansur"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)