Minggu, 23 Agu 2020 19:01 WIB

Studi di Belanda Temukan Antibodi Penangkal COVID-19 dalam ASI

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Breast pump and bottle with milk in womans hand in blurred background Ilustrasi ASI. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Sebuah studi terbaru menyebut adanya antibodi COVID-19 dalam air susu ibu (ASI) pada wanita yang pernah terinfeksi virus Corona.

Dikutip dari NL Times, studi ini dilakukan oleh para peneliti di Rumah Sakit Anak Emma di Amsterdam, Belanda. Bahkan, para peneliti mengatakan bahwa antibodi COVID-19 pada ASI tidak akan hilang meski sudah dipanaskan.

Namun, mereka mengakui perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah ASI dapat digunakan untuk melindungi kelompok rentan atau tidak terhadap infeksi COVID-19. Meski begitu, Kepala Rumah Sakit Anak Emma, Hans Van Goudoever tetap berharap bahwa nantinya ASI dapat mencegah seseorang dari infeksi penyakit tersebut.

"Kami berpikir bahwa setelah meminum susu, antibodi akan menempel pada permukaan selaput lendir kami. Di sana mereka akan menyerang partikel virus sebelum masuk ke dalam tubuh," ucapnya.

Pihak rumah sakit pun telah merekrut banyak wanita untuk menyumbangkan ASInya. Sekitar seribu donor dibutuhkan dalam studi ini, baik dari wanita yang pernah terinfeksi COVID-19 atau belum.

Disebutkan, studi tersebut telah bekerja sama dengan beberapa lembaga, seperti bank ASI di Belanda, Wageningen Research & Development, dan Universitas Utrecht.



Simak Video "Mari Lakukan Protokol Kesehatan untuk Membantu Sesama"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)