Minggu, 23 Agu 2020 21:00 WIB

Catat, Ini 3 Kebiasaan yang Bikin Payudara Cepat Kendur

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
young woman is measuring her breast Payudara bisa cepat kendur karena banyak faktor (Foto: iStock)
Jakarta -

Ada banyak faktor tak terhindarkan yang menyebabkan payudara mengendur, termasuk grafitasi. Di luar itu ada juga faktor-faktor yang bisa dihindari.

Menurut ahli bedah plastik asal Jerman, Dr Dirk Kremer, ada beberapa kebiasaan tertentu yang bisa menyebabkan payudara wanita menjadi kendur. Jika bisa dihindari, maka bentuk payudara akan lebih terjaga meskipun pada waktunya kelak tetap akan mengendur juga.

Dikutip dari Daily Mail, berikut 3 kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat payudara wanita menjadi kendur.

1. Kebiasaan diet yang salah

Anggapan diet pasti bisa mengencangkan kulit dan payudara sebaiknya kamu buang jauh-jauh. Kremer menjelaskan, diet yang tidak sehat justru dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin dan mineral, sehingga berpengaruh pada penampilan kulit.

"Dampaknya bisa menyebabkan hilangnya jaringan otot di sekitar payudara. Ini terjadi sangat cepat, sehingga kulit tidak memiliki cukup waktu untuk menyesuaikan diri dan akibatnya kulit menjadi kendur," jelas Kremer.

2. Kebiasaan tidak pakai bra

Sebagian wanita mungkin masih ada yang suka beraktivitas tanpa menggunakan bra. Namun Kremer menjelaskan, penggunaan bra justru bisa meminimalisir pengenduran jaringan otot di sekitar payudara.

"Karena faktanya payudara akan lebih tertopang, sehingga kecil kemungkinannya (payudara) untuk bergerak dan meregangkan jaringan ikat," jelasnya.

3. Kebiasaan tidur tengkurap dan miring

Menurut sebuah studi, sekitar 7 persen wanita memiliki kebiasaan tidur tengkurap. Meski hal ini dapat membantu mencegah kebiasaan mendengkur, tapi bisa berdampak buruk pada kekencangan payudara.

Kremer juga menjelaskan, posisi tidur tengkurap dapat membuat payudara menjadi tertekan dan menyebabkan kerutan.

Selain itu, tidur dengan posisi miring juga bisa menyebabkan payudara mengendur. "Seiring waktu tidur dengan posisi miring bisa menyebabkan ligamen payudara meregang," ucap Kremer.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)