Senin, 24 Agu 2020 04:34 WIB

Diplomat Korsel Klaim Kim Jong Un dalam Kondisi Koma

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kabar kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un jadi perhatian dunia. Berbagai isu muncul terkait kondisi kesehatan orang nomor satu Korea Utara ini. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Lama tak menampakkan diri, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kembali diterpa kabar miring. Seorang diplomat Korea Selatan menyebut sang diktator sedang dalam kondisi koma.

Mantan ajudan presiden Korea Selatan di era Kim Dae-jung, Chang Song Min mengungkap hal itu di tengah kabar Jong Un mendelegasikan wewenang ke adiknya, Kim Yo Jong.

"Saya menilai dia dalam kondisi koma, tapi hidupnya belum berakhir," kata Song Min, dikutip dari The Sun, Senin (24/8/2020).

"Struktur suksesi yang lengkap belum terbentuk, jadi Kim Yo Jong dikedepankan karena kekosongan tidak bisa dibiarkan dalam waktu lama," jelasnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, spekulasi tentang kesehatan Kim Jon Un banyak bermunculan. Selain pernah digosipkan meninggal, ia juga dikabarkan menjalani 'prosedur' untuk mengatasi masalah jantung.

Sebuah tanda di lengannya dalam foto yang beredar disebut-sebut menyerupai radial artery puncture. Biasa ada di dekat pergelangan tangan dan dilakukan saat pasien hendak menjalani kateterisasi untuk memasang ring jantung.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)