Senin, 24 Agu 2020 05:50 WIB

Saran Dokter untuk Cegah Penyumbatan di Leher Seperti Ustaz Yusuf Mansur

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Ustaz Yusuf Mansur saat menjalani syuting Blak-blakan di kantor detikcom Ustaz Yusuf Mansur mengalami penyumbatan di area leher (Foto: Tripa Ramadhan)
Jakarta -

Ustaz kondang Yusuf Mansur dirawat di rumah sakit karena ada penyumbatan di leher arah kepala. Dokter mengatakan hal itu bisa terjadi pada siapapun, tetapi juga bisa dicegah.

Salah satu penyebab penyumbatan pembuluh darah adalah tumpukan lemak. Jika tidak tertangani, penyumbatan di kaki bisa menyebabkan amputasi sedangkan jika terjadi di jantung berisiko menyebabkan serangan jantung.

Ahli saraf dari RS Cipto Mangunkusumo dr Muhammad Kurniawan, SpS(K), menjelaskan salah satu cara mengatasi penyumbatan pembuluh darah adalah menerapkan pola hidup sehat, yaitu mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur.

"Jika ada hipertensi, diabetes atau kolesterol harus diobati. Hindari rokok," saran dr Kurniawan.

Praktisi kesehatan jantung dan pembuluh darah dari RS Siloam Lippo Village, dr Vito A Damay, SpJP, menyarankan untuk menjaga kolesterol dalam batas optimal. Ia menganjurkan untuk rutin cek kadar kolesterol dan tekanan darah.

"Jaga tekanan darah sedapat mungkin antara 110/70 hingga 130 /80 atau ya paling tinggi 140/85. Tentu tekanan darah pasti berfluktuasi, tetapi ketika sedang ukur saat istirahat sebaiknya tetap dalam range demikian," saran dr Vito.

Obesitas juga termasuk salah satu faktor risiko penyumbatan pembuluh darah. Karenanya, dr Vito juga menyarankan untuk selalu menjaga berat badan.

"Jaga lingkar pinggang, kalau laki laki di bawah 90 cm dan perempuan di bawah 80 cm. Gula darah puasa dan gula darah setelah makan dalam batas normal," pungkasnya.



Simak Video "Cara Cegah Penyumbatan Darah seperti Penyakit Ustaz Yusuf Mansur"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)