Senin, 24 Agu 2020 19:20 WIB

Kim Jong Un Diklaim Koma, Foto-foto Terbarunya Disebut Palsu

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kabar kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un jadi perhatian dunia. Berbagai isu muncul terkait kondisi kesehatan orang nomor satu Korea Utara ini. Foto-foto Kim Jong Un terbaru dinilai palsu. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Setelah sebelumnya disebut meninggal dunia, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kini diklaim telah koma selama berbulan-bulan. Semua foto Kim Jong Un yang beredar disebut palsu, demikian kabar yang diungkapkan seorang diplomat Korea Selatan baru-baru ini.

Dikutip dari The Sun, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un disebut jarang terlihat di depan umum belakangan ini. Rumor yang beredar menyebut bahwa April lalu operasi jantung Kim gagal.

Chang Song-min, mantan ajudan mantan presiden Korea Selatan Kim Dae-jung, mengklaim adik Kim, Kim Yo-jong berusia 33 tahun, akan mengambil alih posisi Kim Jong Un sebagai pemimpin Korea Utara.

Chang juga menegaskan, gambar atau foto-foto Kim di media Korea Utara dalam beberapa bulan terakhir adalah palsu.

"Saya menilai dia sedang koma, tetapi hidupnya belum berakhir," kata Chang Song-min.

Kabar ini ia sampaikan berbarengan ketika Korea Utara dilaporkan menyerahkan beberapa kekuasaan kepada saudara perempuan Kim Jong Un.

"Struktur suksesi lengkap belum terbentuk, jadi Kim Yo-jong dikedepankan karena kekosongan (posisi KIm Jong Un) tidak dapat dipertahankan untuk waktu yang lama," tambahnya.

Agen mata-mata Korea Selatan, National Intelligence Service (NIS), pekan lalu melaporkan bahwa Kim secara bertahap akan mengalihkan otoritas kepada saudara perempuannya semata-mata 'untuk meredakan stres', meskipun usianya masih muda.

Namun, agensi tersebut mengatakan Kim Jong Un masih akan 'mengerahkan kekuatan absolut' dari balik layar sambil bersikeras bahwa langkah itu tidak terkait dengan kesehatan seperti yang dirumorkan.

Foto Kim Jong Un muncul pada hari Kamis lalu, menunjukkan Kim menghadiri pertemuan pemerintah. Namun, kantor berita Reuters mengatakan tidak dapat 'memverifikasi secara independen' keaslian foto-foto Kim Jong Un itu, karena dirilis sendiri oleh negara Korut.

Spekulasi pada bulan April bahwa Kim telah meninggal dengan cepat dibatalkan ketika Kim Jong Un terlihat kembali muncul saat pembukaan pabrik pupuk 30 mil sebelah utara ibukota Pyongyang, Korea Utara.

Ada juga laporan bahwa kemunculan Kim Jong Un tahun ini jarang terlihat karena Kim tengah melindungi dirinya sendiri selama pandemi Corona berlangsung di seluruh dunia. Adik perempuan Kim dikatakan sebagai salah satu orang kepercayaannya yang paling terpercaya.

"Dia tidak bisa memerintah negara dari militer seperti kakaknya, jadi dia memperluas otoritasnya melalui Departemen Propaganda dan Agitasi, seperti ayahnya Kim Jong-il," sebut sebuah sumber.



Simak Video "Ahli Prediksi Akhir 2021 55% Penduduk Indonesia Punya Kekebalan Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)