Selasa, 25 Agu 2020 05:00 WIB

Round Up

Rumor Kim Jong Un Koma dan Misteri Foto Terkini yang Diduga Palsu

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berikan tanggung jawab lebih besar kepada adiknya: Akankah Kim Yo-jong warisi takhta? Foto-foto terkini Kim Jong Un diragukan keasliannya (Foto: BBC Magazine)
Jakarta -

Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un tak pernah lepas dari spekulasi terkait kesehatannya. Terbaru, ia dirumorkan sedang koma dan foto-foto terkini yang beredar disebut palsu.

Salah satu foto yang diragukan keasliannya muncul di North Korean TV pekan lalu. Dalam foto tersebut, Jong Un tampak baik-baik saja, mengenakan pakaian putih dan kacamata kulit penyu.

Dilaporkan, ia tengah menghadiri rapat pleno keenam komite sentral partai buruh Korea pada 19 Agustus di sebuah auditorium gedung pemerintah di pusat Kota Pyongyang.

Keraguan tentang keaslian foto tersebut antara lain muncul dari sanggahan yang disampaikan Agence France-Prese (AFP) yang mendistribusikan foto tersebut. Diakui, tidak ada cara untuk mengetahui kebenaran di balik foto tersebut.

"AFP tidak bisa secara independen memverifikasi autentikasi, lokasi, tanggal, dan isi foto," demikian dikutip dari news.com.au, Selasa (25/8/2020).

Spekulasi yang berkembang menyebut, foto tersebut diambil di bulan Desember ketika Jong Un menghadiri rapat pleno kelima di tempat yang sama. Pada kesempatan tersebut, Jong Un memang mengenakan pakaian putih dan dengan latar merah yang serupa.

Diketahui, Jong Un memang senang berpakaian serba putih pada rapat tertentu. Pada berbagai kesempatan, ia senang berbusana serba putih dan kadang-kadang serba hitam.



Simak Video "Berikut Jadwal Penyuntikan Vaksin Merah Putih dari Menristek"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)