Rabu, 26 Agu 2020 14:43 WIB

Kisaran Harga Kandidat Vaksin Corona China yang Rencananya Akan Dipakai di Indonesia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Upaya untuk memproduksi vaksin virus Corona terus dilakukan. Gedung 43 pun rencananya akan dijadikan tempat produksi vaksin COVID-19 di Bandung. Ilustrasi vaksin. (Foto ilustrasi: Yudha Maulana)
Jakarta -

Pemerintah Indonesia makin agresif untuk menambah pasokan vaksin Corona untuk mencukupi kebutuhan vaksinasi sebagai salah satu upaya mengakhiri pandemi COVID-19. Kerja sama dengan berbagai pengembang vaksin di seluruh dunia tengah dilakukan, salah satunya dengan China.

Disebutkan oleh jubir Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito setidaknya ada tiga kandidat vaksin Corona China yang rencananya akan dipakai di Indonesia. Kira-kira setelah rampung, berapa ya harga vaksinnya?

Untuk vaksin Corona Sinovac yang saat ini tengah menjalani uji klinis di Bandung, Jawa Barat, kisaran harga per dosis adalah sekitar 5-10 dolar AS atau setara Rp72.500-Rp145.000.

"Harga vaksin masih kami hitung, untuk perkiraan sementara estimasi US$5-US$10," ujarnya kepada CNNIndonesia.com.

Sementara itu harga kandidat vaksin Corona yang dikembangkan oleh China National Pharmaceutical Group atau Sinopharm berada di kisaran 1.000 yuan atau sekitar Rp 2,1 juta untuk dua kali suntikan. Harga vaksin Sinopharm disebut yang paling mahal di antara kandidat vaksin COVID-19 lainnya.

Sebagian vaksin COVID-19 yang dikembangkan disebut butuh dua kali suntik agar tubuh bisa membentuk kekebalan yang optimal.

Pengembang dari kandidat lainnya yang juga akan bekerja sama dengan Indonesia yakni CanSino, hingga kini belum mengungkap kisaran harga vaksin yang mereka buat.



Simak Video "Janji India Bagikan Vaksin Corona Buatannya ke Seluruh Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
dMentor
×
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses Selengkapnya