Kamis, 27 Agu 2020 12:14 WIB

Penting! Ini Cara Agar Buah dan Sayur Tidak Terkontaminasi Virus

Abu Ubaidillah - detikHealth
cuci buah Foto: shutterstock
Jakarta -

Masyarakat Indonesia belum bisa leluasa untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini karena kasus penyebaran virus COVID-19. yang masih belum menunjukkan tanda-tanda penurunan.

Meski demikian, kebutuhan hidup harus tetap dipenuhi, termasuk buah dan sayur. Nah bagi yang membeli buah dan sayur, ada beberapa tips dilansir dari NDTV agar buah dan sayur yang dibeli bebas dari kontaminasi berbagai macam virus, termasuk virus COVID-19, di antaranya sebagai berikut.

1. Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Mencuci tangan penting dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Bahkan ketika Anda membilas buah dan sayuran, Anda harus memastikan terlebih dahulu tangan Anda benar-benar bersih. Cuci tangan setidaknya 20 detik sebelum membersihkan buah dan sayuran.

2. Bilas Buah dan Sayur dengan Air Mengalir

Semua hasil buah dan sayuran yang dibeli di pasar bisa dibilas dengan air mengalir, kemudian dilanjutkan dengan menggosok menggunakan tangan. Ini semua diperlukan untuk membersihkan buah dan sayuran sesuai rekomendasi FDA yang menyebut pembilasan sebelum dikupas agar kotoran dan bakteri tidak ditransfer dari pisau ke buah dan sayuran.

3. Jangan Gunakan Sabun atau Detergen

Membersihkan sayur dan buah tidak perlu menggunakan sabun atau detergen. Cukup menggunakan air mengalir dan digosok dengan tangan secara lembut. Bila ada kerusakan atau cacat pada sayur dan buah, buanglah bagian tersebut terlebih dahulu sebelum dicuci.

4. Gunakan Kuas atau Spons Bila Perlu

Ketika membersihkan sayur umbi-umbian seperti kentang atau wortel, sikat atau spons bisa digunakan untuk memastikan kotoran benar-benar hilang. Selain itu, buah dan sayuran padat seperti melon dan mentimun juga bisa dibersihkan dengan cara digosok.

Itulah beberapa tips mencuci buah dan sayur. Dengan tips mencuci buah dan sayur ini, penyebaran virus berbahaya pun bisa diminimalisir agar dapat membantu bertahan di tengah pandemi.

Selain itu, upaya lain yang bisa dilakukan agar dapat bertahan di masa pandemi adalah mempertimbangkan untuk memiliki polis asuransi kesehatan, seperti asuransi kesehatan dari Mega Insurance yang memiliki berbagai produk seperti Mega Medical care (MMC) dan Mega International Health Care (MIHC).

Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda bisa mengatur keuangan saat sakit maupun menghindari biaya tak terduga bila sewaktu-waktu virus berbahaya menyerang Anda atau keluarga.



Simak Video "Proteksi Kebutuhan Kesehatanmu dan Keluarga dengan Fitur Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)