Kamis, 27 Agu 2020 07:00 WIB

4 Menu Sarapan yang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Elsa Himawan - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus Sarapan yang sehat bisa bantu menurunkan berat badan (Foto: istock)
Jakarta -

Banyak orang menganggap bahwa tidak sarapan adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Cara ini salah, sebab sarapan sangat diperlukan sebagai sumber tenaga sepanjang hari.

Sarapan pagi tentu tak harus menyantap makanan yang berat. Kamu bisa sarapan dengan makanan pengganjal perut, seperti buah, roti, salad, dan lainnya.

Berikut 4 sarapan pagi yang bisa membantu kamu menurunkan berat badan, seperti dikutip dari Healthline:

1. Telur

Telur sangat kaya akan protein dan vitamin. Berkat kandungan proteinnya, telur dapat mengurangi nafsu makan saat disantap sebagai sarapan pagi. Dengan demikian, telur membantu untuk menjaga berat badan.

Sebuah penelitian mengamati 152 orang dewasa yang mulai mengganti sarapan mereka dengan telur selama delapan minggu. Hasilnya, mereka mengalami penurunan berat badan sebesar 65 persen.

2. Pisang

Pisang adalah alternatif sarapan yang bagus apabila kamu ingin mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan rendah kalori. Serat membantu memperlambat pengosongan perut, sehingga cukup baik untuk menahan lapar dan keinginan untuk ngemil.

Pisang disebut sebagai sumber pati resisten yang baik. Pati resisten sendiri berfungsi membantu mengurangi lemak di dalam perut.

3. Oatmeal

Oatmeal atau havermut adalah sarapan sehat yang rasanya cukup lezat. Makanan ini dipercaya ampuh menurunkan berat badan.

Havermut memiliki kalori yang rendah tetapi tinggi serat dan protein. Dua nutrisi ini dapat mempengaruhii nafsu makan dan mengendalikan berat badan.

4. Kopi

Beberapa penelitian menemukan bahwa secangkir kopi di pagi hari dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kandungan kafeinnya sangat berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak.

Meskipun kopi bukanlah sarapans seimbang, kamu bisa memadukannya dengan makanan lain. Namun, pastikan untuk tidak mengkonsumsi gula atau krimer secara berlebihan ketika kamu minum kopi supaya menghindari penyakit yang tak diinginkan, misalnya diabetes.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)