Jumat, 28 Agu 2020 04:54 WIB

4 Kebiasaan Kecil Saat Bangun Tidur yang Bikin Semangat Sepanjang Hari

Elsa Himawan - detikHealth
Wake up woman - close up image woman legs in bedroom Rutinitas bangun pagi (Foto: iStock)
Jakarta -

Tak sedikit orang menganggap rutinitas sehat di pagi hari sebagai beban. Padahal menjalankan kebiasaan sehat di pagi hari dapat membuatmu bersemangat untuk menjalani aktivitas ke depannya.

Rutinitas pagi tak harus dilakukan secara ribet. Kamu bisa melakukan aktivitas sederhana, mudah, dan tidak memakan waktu yang lama. Namun, dapat meningkatkan kesehatan dan mood kamu selama seharian.

Berikut 4 kebiasaan kecil yang perlu kamu lakukan setiap pagi, dikutip dari Brunet:

1. Minum segelas air putih

Minum segelas air putih di pagi hari bermanfaat untuk mengaktifkan metabolisme tubuh, merangsang pembuangan racun, dan menstimulasi otak agar lebih konsentrasi dalam menjalani aktivitas. Apabila kamu ingin melakukannya, sebaiknya minum air hangat agar sistem pencernaanmu tetap terjaga dengan baik.

2. Tidak memainkan ponsel

Ponsel sering kali menjadi kegiatan pertama yang dilakukan banyak orang setelah mereka bangun tidur. Tindakan ini rupanya membawa dampak negatif, salah satunya memicu stres di pagi hari. Ketika kamu membuka ponsel, maka terdapat banyak daftar tugas, chat, dan email yang perlu kamu balas. Hal ini tentu membuat suasana pagimu menjadi berantakan.

3. Lakukan olahraga ringan

Olahraga bermanfaat untuk membangun otot, menstimulasi aliran darah, dan memberikan energi untuk menjalani aktivitas seharian.

Apabila kamu tidak memiliki waktu selama satu jam untuk fokus berolahraga, kamu bisa melakukannya selama 5-10 menit saja. Olahraga yang dilakukan pun tak perlu yang rumit. Kamu cukup melakukan peregangan, gerakan-gerakan yoga, dan berjalan-jalan sebentar di luar rumah.

4. Isi pikiran dengan hal positif

Apabila tak memiliki banyak waktu di pagi hari, luangkan beberapa menit saja untuk membaca buku, mendengarkan podcast atau melakukan meditasi singkat. Hal ini sangat berdampak baik untuk menjaga kesehatan mental dan membuat suasana pagimu lebih bahagia.



Simak Video "Cara Ilmuwan Deteksi Kerumunan Masyarakat Saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)