Jumat, 28 Agu 2020 08:30 WIB

Penyebab Radang Otak, Penyakit yang Diidap Barli Asmara Sebelum Meninggal

Firdaus Anwar - detikHealth
Fokus Barli Asmara Barli Asmara meninggal dunia. (Foto: Mohammad Abduh/Wolipop)
Jakarta -

Desainer Barli Asmara meninggal dunia pada Kamis (27/8/2020). Menurut pengakuan keluarga, Barli wafat di usia 42 tahun karena penyakit radang otak atau ensefalitis.

Dikutip dari Mayo Clinic, radang otak adalah kondisi peradangan yang terjadi pada jaringan otak. Dampaknya berbagai gejala dapat muncul, mulai dari demam, kejang, lemas, hilang kesadaran, hingga kematian.

Ada berbagai hal yang diketahui bisa menyebabkan radang otak, berikut beberapa di antaranya:

1. Infeksi

Infeksi bakteri, virus, fungi, atau parasit jadi salah satu penyebab umum terjadinya peradangan otak. Menurut National Health System (NHS) virus herpes, varisela, campak, hingga rabies diketahui bisa menyebabkan peradangan otak.

2. Autoimun

Kondisi lainnya yang dapat menyebabkan radang otak adalah penyakit autoimun. Dalam hal ini, sistem imun yang harusnya nmelindungi tubuh malah menyerang sel sehat di otak.

Penyebab munculnya masalah radang otak karena autoimun hingga kini belum diketahui secara pasti. Peneliti menyebut ada kemungkinan peran faktor penyakit infeksi yang diidap sebelumnya.

"Kondisi ini disebut juga dengan ensefalitis pascainfeksi. Ensefalitis sekunder yang biasanya terjadi dua sampai tiga minggu setelah infeksi awal," tulis Mayo Clinic.



Simak Video "9 Kandidat Vaksin Corona Jika Indonesia Resmi Bergabung COVAX"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)