Kamis, 03 Sep 2020 05:21 WIB

Round Up

Fakta-fakta HIV yang Diidap Salah Satu Peserta Pesta Gay Kuningan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Tersangka pesta gay di Kuningan Jaksel Pesta gay di Kuningan digerebek petugas (Foto: Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Pesta gay di salah satu apartemen di Kuningan, Jakarta Selatan, digerebek polisi. Disebutkan, salah satu peserta dari 56 pria yang mengikuti pesta tersebut dilaporkan positif mengidap HIV.

Apa itu HIV?

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Jika tidak diobati, infeksi HIV dapat berkembang menjadi AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) yang dicirikan dengan penurunan sistem imun secara drastis dan bisa menyebabkan kematian.

Apa saja gejala HIV?

Gejala HIV bisa berbeda pada setiap pengidapnya. Berikut gejala HIV yang bisa dirasakan pada pria, dikutip dari Healthline:

- Disfungsi ereksi
- Depresi
- Kelelahan
- Infertilitas
- Luka di penis
- Rambut mulai jarang tumbuh
- Rasa nyeri atau terbakar saat buang air kecil

Bagaimana cara penularan HIV?

Dikutip dari Mayo Clinic, HIV ditularkan melalui kontak darah, air mani, atau cairan vagina dari orang yang terinfeksi. Maka dari itu, umumnya seseorang dapat tertular HIV jika melakukan hubungan seks tanpa kondom, menggunakan jarum suntik yang tidak steril, dan mendapatkan donor darah dari orang yang mengidap HIV.

Tak hanya itu, ibu yang mengidap HIV juga dapat menularkan virus tersebut ke janin yang sedang dikandungnya. Hal ini karena darah dari ibu yang mengidap HIV bisa terpapar langsung ke anaknya.

Apakah HIV bisa disembuhkan?

Hingga saat ini belum ada obat yang benar-benar bisa menyembuhkan infeksi HIV. Namun, tak perlu khawatir karena saat ini sudah ada terapi obat antiretroviral (ARV) yang bisa menekan perkembangan virus di dalam tubuh.

Meski begitu, obat ARV wajib diminum selama seumur hidup dan tidak boleh terputus. "Kalau seseorang minum obat ARV tidak sesuai dengan waktu, maka virus akan merasa tidak ada polisi yang mengawasinya sehingga ia bebas berkembang biak," kata dr Aritha Herawati, dalam sebuah wawancara dengan detikHealth, kala itu menjabat sebagai kepala bidang terapi rehabilitasi Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta.



Simak Video "WHO: 73 Negara Alami Krisis Obat HIV di Tengah Pandemi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)