Jumat, 04 Sep 2020 11:00 WIB

Brasil Tak Wajibkan Warganya Vaksinasi Virus Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Virus corona: Bagaimana pandemi berubah menjadi politis di Brasil Virus Corona di Brasil. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan Brasil pada Rabu (2/7/2020) mengatakan bahwa penyuntikan vaksin Corona COVID-19 tidak wajib bagi warga jika sudah tersedia di negara itu.

Meski demikian, Sekretaris Eksekutif Kemenkes Brasil Elcio Franco meyakini bahwa vaksin menjadi cara paling ampuh untuk melawan virus Corona COVID-19.

"Seperti yang telah kami lakukan selama ini dan akan terus dilakukan, kami mendorong vaksin untuk imunisasi penduduk. Jika tidak, kami mungkin memiliki risiko kembalinya penyakit yang telah diberantas dari dalam negeri seperti yang terjadi dengan campak baru-baru ini," jelas Sekretaris Eksekutif Kemenkes Brasil, Elcio Franco dikutip dari laman CNN.

"Vaksin itu tidak wajib tetapi akan menjadi alat yang hebat bagi kami untuk kembali normal," sambungnya.

Pernyataan Elcio menegaskan apa yang dilontarkan oleh Presiden Brasil Jail Bolsorano yang menyebut tak ada satu orang pun akan dipaksa untuk disuntik vaksin virus Corona.

"Tidak ada yang bisa mewajibkan siapa pun untuk divaksin," kata Bolsonaro. Pernyataannya kemudian dicuitkan di akun Twitter Pemerintah Brasil.

Pembuatan vaksin tentunya tetap didukung oleh Kemenkes meski presiden sudah bilang bahwa vaksinasi tidak wajib. Kemenkes bekerjasama dengan lembaga penelitian federal kesehatan masyarakat Fiocruz dalam pengamatan vaksin ini.

Ada tiga jenis vaksin Covid-19 yang menjalani uji klinis di Brasil. Salah satunya, dari Universitas Oxford dan AstraZeneca, yang telah dilakukan dengan dukungan Kementerian Kesehatan dan bekerja sama dengan lembaga penelitian federal kesehatan masyarakat Fiocruz.

Menurut Franco, masyarakat mungkin memiliki akses ke vaksin Oxford/AstraZeneca pada Januari tahun depan.



Simak Video "Chili Setujui Penggunaan Darurat Vaksin Corona Sinovac"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)